oleh

Arsenal Pantau Diego Costa di bursa transfer musim dingin

 


Pemandu bakat Arsenal akan terbang ke Spanyol guna menghadiri dua laga Atletico Madrid dengan tujuan memantau perkembangan striker tajam Spanyol, Diego Costa.

Arsene Wenger dan kepala tim pemandu bakat Steve Rowley sudah mengidentifikasi pemain timnas Spanyol kelahiran Brasil sebagai target potensial di bursa transfer pemain musim dingin seiring dengan ambisi the Gunners menajamkan lini depan.

PANDANGAN DARI SPANYOL
Adrian Boullosa 

Diego Costa adalah pemain kunci Atletico Madrid yang sedang bersaing ketat dengan Barcelona dan Real Madrid memburu gelar juara La Liga, mereka juga menikmati petualangan menyenangkan di Liga Champions. Pemain berusia 25 telah bekerja sangat keras merebut hati publik Vicente Calderon dan setelah keperigian Radamel Falcao ke Monaco kebintangannya langsung bersinar terang bahkan mengalahkan David Villa.

Karena alasan ini pula Atletico akan berusaha mempertahankan Costa di bursa pemain musim dingin. Empat bulan lalu, Atletico mengikatnya hingga 2018 dan setidaknya mereka bakal menunggu hingga berakhirnya Piala Dunia 2014 sebelum melakukan penjualan karena dipastikan harga sang pemain bakal meningkat tajam dengan catatan mendapat panggilan dari Vicente del Bosque.

Di sisi lain, andai Arsenal sanggup menebus klausula bebas transfer yang diyakini berada di angka €38 juta dan mencapai kesepakatan personal dengan Costa, maka terbuka potensi kita akan menyaksikan perpindahan sensasional bulan depan. Tetapi mengapa pula Costa mau pergi di saat Atletico bersatatus kandidat kuat juara La Liga plus berbicara banyak di Liga Champions?

Pemandu bakat telah mendapat instruksi memantau aksi Costa di ajang Copa del Rey pertengahan pekan melawan Sant Andreu plus laga La Liga melawan Levante yang keduanya bakal digelar di Vicente Calderon.

Performa Costa musim ini sangat sensasional dengan catatan 22 gol dari 21 pertandingan Atletico. Bersama Cristiano Ronaldo, dia memimpin daftar pencetak gol terbanyak La Liga dengan selisih tujuh dari rival lainnya.

Ujung tombak Atletico ini meneken perpanjangan kontrak pada Agustus dengan durasi hingga musim panas 2018 namun di balik itu semua diyakini terdapat klausula bebas transfer seharga €38 juta.

Arsenal telah menghubungi perwakilan Costa sekaligus memperlihatkan minat serius memboyong sang bintang di bursa transfer Januari. Mereka bereaksi cepat menjajaki kemungkinan pembelian pemain yang diyakini berpenghasilan ‘rendah’ di Vicente Calderon dengan celah klausula tersebut.

Beban berat penyerangan Arsenal sekarang berada di pundak Olivier Giroud, sementara Nicklas Bendtner menjadi satu-satunya alternatif pemain senior.

Setelah gagal mendatangkan Luis Suarez, Gonzalo Higuain, Stevan Jovetic dan Wayne Rooney termasuk kandasnya usaha meminjam Demba Ba dari Chelsea musim panas lalu, prioritas Wenger hingga detik ini tidak berubah; menghadirkan striker top di Emirates.

Wenger mengetahui persis tugas mendapat penyerang top bukan pekerjaan mudah apalagi di bursa Januari karena ada kecenderungan tim besar enggan melepas pemain penting di periode ini. Meski demikian, Wenger tetap akan mencoba peruntungan karena punya target besar merajai Liga Primer.

Keberhasilan Costa menutup lubang yang ditinggalkan Radamel Falcao yang hijrah ke Monaco berbuntut ‘perang’ antara Brasil dan Spanyol. Costa yang pernah memperkuat tim Samba di dua laga persahabatan awal tahun ini memegang dua kewarganegaraan namun sang bintang telah menegaskan keinginan membela Spanyol.