oleh

Arsenal Bungkam Newcastle United Skor Akhir 1-0

Newcastle United harus menghadapi lawan sulit dalam wujud sang pemuncak klasemen Arsenal, dalam lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke 19, Minggu (29/12).

Tidak hadirnya Mesut Ozil di sebelas awal membuat Arsene Wenger bertumpu pada kecepatan Theo Walcott untuk mengusung Oliver Giroud di lini depan. Sementara Newcastle tetap mengandalkan duo Prancis di lini depan, yakni Loic Remy dan Yoan Gouffran.

Babak Pertama

Pasca sepakan awal dimulai, permainan langsung jadi kuasa sang tuan rumah. Hal itu sangat terlihat dari seringnya sentuhan bola yang dilakukan Yohan Cabaye. Sementara Arsenal tampak masih meraba secara perlahan bentuk permainan tuan rumah.

Namun peluang pertama justru bagi Tim Meriam London, tepatnya di menit ke tujuh. Davide Santon nyaris saja melakukan blunder kala menyerahkan bola dengan kepala kepada Tim Krul. Bola yang terlampau lemah nyaris saja disambar Walcott di dalam kotak, untungnya Krul sigap menangkap bola,

Tak berhenti sampai di situ, Arsenal yang kemudian menguasai jalannya permainan pasca setengah jam jalannya laga kembali menghadirkan peluang. Tembakan keras Santi Cazorla menyambut umpan matang Tomas Rosicky masih mampu ditahan Krul yang memang tampil gemilang di sepanjang babak pertama.

Jelang paruh pertama usai, permainan menjurus semakin keras. Oliver Giroud sampai harus dikenai kartu kuning karena terpancing emosinya. Skor kacamata menutup jalannya babak pertama.

Babak Kedua

Babak penentuan dimulai, Newcastle yang bermain cukup baik di babak pertama coba meningkatkan tempo permainan untuk mendapat keunggulan. Arsenal tak gugup dengan lonjakan tempo bermain sang tuan rumah, hal itu terlihat pasti karena lini tengah mereka selalu bisa merusak setiap serangan yang dibangun Newcastle.

Peluang kemudian hadir melalui sepakan keras Chick Tiote pada menit ke 51. Ia melepaskannya dalam situasi liar di kotak penalti Arsenal. Beruntung bola yang tak mampu digapai Szczesny, masih membentur tubuh Bacary Sagna.

Nyaris saja gawangnya kebobolan, Arsenal kemudian bangkit dengan luar biasa. Mendapat kesempatan melalui tendangan bebas yang dieksekusi oleh Walcott pada menit ke 65, bola kiriman pemain 24 tahun itu mampu dikonversi dengan sempurna oleh kepala Giroud untuk menaklukkan Krul. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Mental para pemain Newcastle terlihat jatuh pasca gol Giroud. Peluang untuk meperbesar keunggulan bagi The Gunners hadir satu menit kemudian. Sontekan keras Wilshere yang masih mampu ditepis Krul, kemudian dilob saja oleh Walcott. Beruntung! Williamson mampu menghalaunya tepat di garis gawang. Mental ke kaki Giroud, striker asal Prancis itu kali ini gagal mengeksekusi peluang emas, padahal gawang sudah kosong.

Jelang bubaran Newcastle mengurung habis pertahanan Arsenal. Sayang, gol peyama kedudukan yang diharapkan publik tuan rumah urung terjadi. Skor tipis 1-0 bagi tim tamu pun akhirnya cukup membungkam publik St James Park.

Susunan Pemain

Newcastle United: Krul; Debuchy, Coloccini, Williamson, Santon; Anita, Tiote, Cabaye; Sissoko, Remy, Gouffran
Arsenal: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Flamini, Rosicky, Wilshere; Walcott, Cazorla, Giroud