by

AFC Ikut Umumkan Kabar Bambang Pamungkas Pensiun

Pencinta sepak bola Tanah Air tentu tak asing lagi dengan sosok Bambang Pamungkas. Legenda Persija Jakarta itu pernah menjadi mesin gol Timnas Indonesia.

Pria yang akrap disapa Bepe itu dikenal sebagai striker yang cerdas. Ia juga tersohor berkat lompatannya yang sangat tinggi dan jago dalam duel udara.

Namun Bambang Pamungkas tak cuma mahir dalam mengolah si kulit bundar. Eks penyerang Selangor FC itu juga memiliki keterampilan lain di luar lapangan hijau.

Striker Persija Jakarta Bambang Pamungkas membeberkan alasannya pensiun dari sepak bola. Dia mengaku fisiknya sudah tak bisa bersaing di dunia sepak bola profesional dan kerap diterpa cedera.

Pemain yang akrab disapa Bepe itu sudah mencapai usia 39 tahun. Fisik yang termakan usia membuatnya tak garang lagi di lapangan hijau. Musim ini dia baru membukukan 14 kali penampilan di liga tanpa sekali pun mencetak gol.

“Harus diakui, badan saya sudah tidak bisa merespons lagi. Tahun ini cedera saya paling banyak dibandingkan dengan 10 tahun terakhir,” kata Bepe dikutip Antara.

Pria kelahiran Semarang itu mengucapkan salam perpisahan kepada ribuan The Jakmania di Stadion Utama Gelora Bung Karno usai laga Persija kontra Persebaya Surabaya, Selasa (17/12/2019) malam.

Pada laga tersebut, Bepe dipercaya beraksi pada menit ke-78 untuk menggantikan peran Sandi Sute. Sayang, kehadirannya tak mampu menyelematkan Macan Kemayoran dari kekalahan 1-2.

“Melihat sambutan The Jakmania, saya merasai dicintai. Begitu pula saya yang selalu mencintai Persija. Terima kasih kepada semua yang telah mendukung saya selama ini,” ujarnya.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) turut mengabarkan pensiunnya seorang legenda hidup Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, dari kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Melalui Twitter resmi, AFC menyebut Bambang Pamungkas tidak hanya sebagai legenda Persija Jakarta, tetapi juga legenda Indonesia.

“Bambang Pamungkas, legenda dari Indonesia dan Persija Jakarta, mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola,” tulis AFC pada Selasa (18/12/2019) siang WIB.