oleh

AC Milan vs AS Roma Sama Kuat Di San Siro, skor akhir 2-2

AC Milan dan AS Roma harus puas untuk berbagi angka setelah kedua tim bermain sama kuat dengan skor 2-2 dalam laga lanjutan Serie A Italia di San Siro.

Hasil itu membuat Roma gagal mendekat ke Juventus, di mana kini mereka tertinggal lima angka di posisi kedua. Sementara Milan naik ke posisi sepuluh, menggeser Cagliari dan Parma yang memiliki nilai sama tetapi kalah dalam selisih gol.

Babak Pertama

Peluang pertama didapatkan oleh Roma melalui tusukan Gervinho dari sisi kanan pertahanan Milan yang diakhiri dengan tembakan, tetapi sayang masih terlalu lemah sehingga masih bisa ditangkap dengan baik oleh Abbiati. Beberapa saat kemudian, tim tuan rumah membalas melalui tendangan bebas Mario Balotelli yang juga dapat dikuasai dengan baik oleh De Sanctis.

Mattia Destro akhirnya mencetak gol pembuka di pertandingan ini pada menit ke-13, ia mampu menyontek bola ke gawang Milan dengan mudah setelah mendapatkan umpan manis dari Kevin Strootman di kotak penalti.

Setelah melihat tembakan Kaka dan Emanuelson masih melenceng dari sasaran. Milan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-30 melalui tandukan Zapata dari jarak dekat memanfaatkan umpan tendangan penjuru yang diteruskan oleh Muntari.

Kegembiraan Milan hampir tidak bertahan selama satu menit setelah Bradley mampu menjangkau bola muntah hasil kemelut di dalam kotak penalti, tetapi sayang bola sepakannya memantul keluar ketika bola menyentuh garis gawang.

Zapata tampil gemilang di paruh pertama ini, bukan hanya berhasil mencetak gol, tetapi ia beberapa kali melakukan tekel di kotak penalti yang menyelamatkan timnya dari situasi yang membahayakan. Hal itu membuat kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Kedua tim langsung tampil agresif di paruh kedua, namun Roma lebih beruntung setelah akselerasi Gervinho dihentikan oleh kiper Gabriel, sehingga tim tamu mendapatkan hadiah penalti ketika laga baru berjalan lima menit. Strootman yang menjadi eksekutor tidak kesulitan menaklukkan Gabriel dan membawa timnya unggul 2-1.

Kembali tertinggal skuat asuhan Massimiliano Allegri berusaha meningkatkan intensitas serangan, tetapi Balotelli dan kawan-kawan kesulitan menciptakan peluang. Justru Roma yang kembali mendapat peluang emas untuk mencetak gol melalui serangan balik cepat melalui Gervinho, tetapi Emanuelson berhasil melakukan tekel dengan cepat dan tepat di kotak penalti sebelum eks pemain Arsenal itu melakukan tendangan.

Roma dan Milan sama-sama tidak ingin mengendurkan serangan, beberapa saat setelah tim tamu memasukkan Francesco Totti, Milan juga menambah daya gedor dengan menggantikan Poli dengan Matri.

Kerja keras tim tuan rumah akhirnya terbayar di menit ke-77, sodoran Balotelli di kotak penalti tidak disiakan oleh Muntari yang kemudian melepaskan tembakan mendatar yang tidak dapat diantisipasi oleh De Sanctis sehingga skor berubah menjadi 2-2.

Usai menyamakan kedudukan, Milan terus menggempur dan tidak memberi kesempatan Roma untuk melakukan serangan balik. Peluang terbaik didapat pada menit ke-85 melalui tendangan bebas Balotelli sedikit di luar kotak penalti, namun sayang bola masih berhasil ditepis De Sanctis.

Di menit-menit akhir, Roma bisa keluar dari tekanan dan mampu membahayakan gawang Milan. Tetapi peluang juga didapat oleh Milan melalui Balotelli yang bebas tidak terkawal di kotak penalti, tetapi sayang peluang mudah itu sia-sia setelah tembakannya melenceng. Kedudukan 2-2 akhirnya bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

AC Milan: Abbiati, De Sciglia, Bonera, Mexes, Emanuelson, Poli, De Jong ,Muntari ,Montolivo, Kaka ,Balotelli

AS Roma: De Sanctis; Maicon, Benatia, Castan, Dodò; Bradley, De Rossi, Strootman; Ljajic, Destro, Gervinho