oleh

Timnas Indonesia akan melakukan uji coba di Korea Utara

Timnas Indonesia akan melakukan uji coba di Korea Utara
Timnas Indonesia akan melakukan uji coba di Korea Utara

Sekjen PSSI, Joko Driyono, mengungkapkan timnas senior Indonesia tidak akan menjalani laga internasional FIFA di Korea Utara (Korut). Sebelumnya, dikabarkan timnas akan beruji coba ke Korea Utara pada 9 November 2013.

Uji coba itu sendiri dimaksudkan sebagai persiapan timnas menghadapi Cina pada grup C Pra Piala Asia 2015 di Xian, Cina, 15 November mendatang.

Namun lawan yang akan dihadapi nanti bukanlah timnas Korut. PSSI sendiri sampai saat ini masih terus berkomunikasi dengan pihak federasi sepakbola Korut maupun Duta Besar Korut. Karena laga tersebut merupakan inisiatif dari Duta Besar Korut di Indonesia.

“Berdasarkan surat yang kami terima, ada sebuah tim namun saya tidak tahu disebutnya apa. Tapi tim itu diperkuat 70 sampai 80 persen pemain timnas Korut,” ucap Joko.

Dengan demikian, laga tersebut tidak bisa disebut laga internasional FIFA level A. Karena timnas bukan melawan timnas terbaik dari negara bersangkutan.

Selain itu, ada dua opsi yang akan ditawarkan PSSI terkait lawatan timnas ke Korea Utara. Opsi pertama laga digelar satu kali pada 9 November. Atau opsi kedua laga digelar dua kali pada 8 dan 11 November.

Joko menambahkan, skuat yang dilatih Jacksen Ferreira Tiago ini akan bertolak ke Korea Utara pada 5 atau 6 November.

“Yang penting, timnas bisa beruji coba dengan kondisi yang hampir mirip dengan Cina. Itu juga sebagai proses aklimatisasi para pemain timnas jelang melawan Cina. Jadi, dari Korut para pemain akan langsung ke Cina,” Joko menjelaskan.