by

50 Pemain Masuk Nominasi UEFA Fans Team of the Year 2019

Team of the Year 2019 – Raksasa Premier League Liverpool menyumbangkan 10 pemainnya sekaligus dalam nominasi UEFA’s fans’ Team of the Year 2019.

Para pemain Liverpool memang layak masuk nominasi ini. Sebab tim asuhan Jurgen Klopp tersebut tampil apik pada musim 2018-19 kemarin.

Mereka mampu menjadi juara Liga Champions dengan mengalahkan Tottenham. Mereka menebus kekalahan di musim sebelumnya saat dijegal Real Madrid.

Bek Liverpool yang juga menjadi pemenang penghargaan UEFA Player of the Year yakni Virgil Van Dijk masuk nominasi ini. Demikian juga dengan Kapten The Reds, Jordan Henderson.

Demikian juga dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane. Andrew Robertson juga masuk. Ia bahkan tercatat sebagai pemain pertama dari Skotlandia yang masuk nominasi ini.

Di urutan kedua penyumbang terbanyak nominasi ini adalah klub dari Belanda, Ajax Amsterdam. Namun nama-nama seperti Matthijs de Ligt yang sudah pindah ke Juventus maupun Frenkie De Jong yang pindah ke Barcelona juga ikut dihitung.

Sementara itu rival Liverpool di Premier League yakni Manchester City menjadi tim ketiga yang menyumbangkan pemain paling banyak. Ada tujuh pemainnya yang masuk nominasi.

Mereka antara lain Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan Sergio Aguero. Sementara itu superstar Juventus Cristiano Ronaldo juga masuk nominasi ini.

Demikian juga dengan superstar Barcelona, Lionel Messi. untuk Ronaldo, ini adalah kali ke-16 ia masuk nominasi tersebut secara beruntun.

Sistem Voting

Berikut 50 pemain yang masuk nominasi UEFA’s fans’ Team of the Year 2019.

 

Nantinya pemain yang masuk dalam tim ini akan ditentukan melalui voting. Siapa saja yang berhak menyumbangkan suaranya untuk ikut voting ini? Tentu saja para fans sepak bola di seluruh dunia.

UEFA memberikan kesempatan pada para fans untuk memberikan suaranya mulai hari Selasa, 26 November 2019 ini hingga 9 Januari 2020 mendatang. Hasilnya akan diumumkan pada hari yang sama.

Voting ini mengundang penggemar sepak bola untuk memilih 11 pemain terkuat mereka dari daftar 50 pemain elit Eropa. Mereka terdiri dari lima penjaga gawang, 15 pemain bertahan, 15 gelandang tengah dan 15 pemain depan.

Para pemain yang masuk nominasi dipilih oleh tim editorial UEFA.com berdasarkan performa mereka dari Januari hingga Desember 2019. Penampilan di kompetisi UEFA memiliki bobot lebih besar dalam evaluasi