by

5 Bakal Bintang Masa Depan Sepak Bola Dari Amerika Selatan

Amerika Selatan selalu dikenal sebagai pabrik talenta-talenta terbaik sepak bola. Ada banyak pemain top yang lahir di negara-negara tangguh seperti BrasilArgentina, Chile, Uruguay, dan masih banyak lainnya.

Karena itulah klub-klub besar Eropa senang menjelajah Amerika Selatan untuk mencari pemain berbakat. Entah mengapa, Amerika Selatan seolah-olah jadi wadah terbaik pembentukan talenta muda.

Hampir setiap tim top punya pemain muda berbakat dari Amerika Selatan, mulai dari Gabriel Jesus di Man City, Arthur Melo di Barcelona, hingga Vinicius Junior dan Rodrygo di Real Madrid.

Aliran bakat itu pun tidak berhenti di situ. Ada beberapa nama yang patut diperhatikan, yang diduga bakal jadi bintang besar dalam rentang 5-10 tahun ke depan.

1. Gabriel Martinelli (Brasil)

Lintas generasi, Brasil selalu punya striker hebat. Sekarang ada nama Gabriel Martinelli, yang mungkin sudah mulai dikenal sejak bergabung dengan Arsenal.

Bakatnya tidak perlu diragukan. Dia adalah satu dari tiga pemain muda yang bisa mencatatakan 10 gol di semua kompetisi pada lima liga top Eropa musim ini.

Martinelli masih 17 tahun, tapi sudah paham betul caranya menjebol gawang lawan. Dia pun punya keterampilan luar biasa, yang membuatnya berani membawa bola seorang diri.

2. Cristian Romero (Argentina)

Argentina punya masalah menahun di pos bek tengah, bahkan Nicolas Otamendi masih jadi andalan di timnas. Untungnya, sepertinya masalah itu bakal segera terselesaikan dengan talenta muda.

Ada nama Cristian Romero, bocah berbakat yang bakal segera bermain di level tinggi. Bakatnya bakal membuat Juventus bergerak mendapatkannya dengan 26 juta euro, tapi masih dipinjamkan kembali ke Genoa.

Romero sudah memainkan 21 dari 27 pertandingan Serie A musim ini, catatan yang cukup tinggi. Dia selalu mencuri perhatian dengan tekel-tekel yang presisi.

3. Diego Rossi (Uruguay)

Sudah terlalu lama Uruguay mengandalkan pemain-pemain senio yang mungkin sudah seharusnya pensiun. Sekarang, Uruguay bakal menyambut generasi muda berbakat mereka.

Memang masih ada Luis Suarez yang luar biasa, lalu ada Edinson Cavani dan Cristhian Stuani. Namun, ketiga striker ini sudah tidak lagi muda.

Untungnya ada striker muda bernama Diego Rossi yang siap jadi pelapis dan belajar dari senior-seniornya. Dia baru 19 tahun, tampil apik bersama Los Angeles FC di MLS.

Meski masih sangat muda, kontribusinya dalam menjebol gawang lawan tidak perlu diragukan.

4. Jorge Carrascal (Kolombia)

Gelandang serang serbabisa andalan Rivel Plate, Jorge Carrascal. Dia sedang berusaha membuktikan diri untuk mendapatkan kesempatan membela tim senior Kolombia.

Carrascal adalah tipe pemain kreatif dengan segudang trik. Dia bisa bermain sama baiknya di kedua sayap atau mengisi ruang di belakang striker. Dia bahkan sudah debut di level senior saat masih berusia 16 tahun.

Memang Carrascal sempat kesulitan saat pertama kali tiba di River Plate, tapi dia menemukan kembali permainannya bersama Timnas U-23 Kolombia.

5. Reinier (Brasil)

Mungkin berlebihan melibatkan pemain yang belum pernah bermain untuk tim inti Real Mardrid, tapi Reiner jelas berbakat. Hanya masalah waktu sebelum dia masuk ke tim senior Brasil.

Reiner didatangkan Madrid dari Flamengo beberapa bulan lalu. Dia masih bermain untuk Castilla, belum pernah masuk tim senior Zinedine Zidane.

Kendati demikian, Reiner sudah membuktikan dirinya di kampung halaman selama membela Flamengo. Dia masih muda, tapi sudah mendapatkan julukan ‘the next Kaka’.

Kini, bersama Madrid, seharusnya Reiner punya wadah terbaik untuk mengembangkan bakatnya.