oleh

10 Pemain Termahal di Liga Super Tiongkok

10 Pemain Termahal Dalam Sejarah Sepakbola Tiongkok

news7up.com – Chinese Super League (CSL) dengan cepat menjadi pusat kekuatan baru sepakbola Asia, menghabiskan jumlah uang yang sangat besar untuk mendatangkan sejumlah pemain top… tapi siapa yang paling mahal sejauh ini? Berikut pemain termahal yang sudah didatangkan hingga saat ini di Liga Super China:

Fredy Guarin – €13 juta (Rp191,1 miliar)

Di tingkat klub, ia memenangkan Europa League dengan FC Porto pada 2011 sebelum pindah ke Inter Milan, di mana ia menghabiskan empat musim terakhir sebelum pindah ke Tiongkok untuk memperkuat Shanghai Shenhua.

Demba Ba – €13 juta

Pada bulan Juni 2015, Ba mengejutkan semua orang dengan menandatangani kontrak bersama Shanghai Shenhua, menyusul Mohamed Sissoko dan Tim Cahill yang telah bergabung sebelumnya untuk membantu Shanghai mencapai final Piala FA Tiongkok (Chinese FA Cup), meski akhirnya gagal juara.

Paulinho – €14 juta

Pada Juni 2015, ia pindah ke Guangzhou Evergrande, tak lama sebelum kedatangan rekan senegaranya Robinho.

Ricardo Goulart – €15 juta

Guangzhou Evergrande membawanya ke Tiongkok, di mana Ricardo mengantar mereka meraih trofi juara liga dan Liga Champions Asia pada tahun 2015. Dia juga terus menambah penghargaan individunya, termasuk Pemain Terbaik Asosiasi Sepak bola Tiongkok, Tim Terbaik CSL, Top Skor Liga Champions AFC, Pemain Terbaik Liga Champions AFC dan Pemain Asing Terbaik AFC.

Gervinho – €18 juta

Dia telah memainkan peran besar untuk Hebei China Fortune di musim pertama mereka di CSL, bersama gelandang Kamerun, Stephane M’Bia, dan mantan pemain sayap Chelsea, Gael Kakuta.

Elkeson – €18,5 juta

Transfer striker Brasil ini memiliki cerita yang tidak biasa. Ia pindah dari Guangzhou ke Shanghai SIPG menjelang musim 2016 dengan alasan demi ‘kepentingan negara’.

Ramires – €28 juta

Transfer Ramires ke Tiongkok mengejutkan semua orang di dunia sepakbola. Meskipun hanya menjadi pemain cadangan di bawah kepelatihan Guus Hiddink di Chelsea, tak ada yang menyangka ia akan pindah ke CSL. Tapi semua itu benar-benar terjadi ketika klub London barat tersebut menegaskan telah menjual Ramires ke Jiangsu Suning, dengan biaya transfer yang dilaporkan mencapai €28 juta.

Jackson Martinez – €42 juta

Tak lama setelah kepindahan Ramires, Martinez membuat kejutan yang sama besarnya ketika ia juga meninggalkan Eropa untuk menuju Tiongkok dan Guangzhou Evergrande. Musim ini, pemain asal Kolombia tersebut menggantikan peran striker Brasil, Elkeson, yang pindah ke Shanghai SIPG.

Alex Teixeira – €50 juta

Sebelum pindah ke Jiangsu Suning dengan biaya transfer sebesar €50 juta, pemain 26 tahun ini berulang kali dikaitkan dengan Liverpool, dan dianggap sebagai solusi untuk krisis striker klub Merseyside tersebut di jendela transfer musim dingin. Selain Teixeira dan Ramires, Jiangsu juga merekrut mantan striker Manchester City, Jo Alves.

Hulk – €55,8 juta (Rp820,26 miliar)

Singkatnya, pemain Brasil ini adalah pemain termahal dalam sejarah Chinese Super League dan sepakbola Asia. Givanildo Vieira de Sousa, atau yang lebih dikenal dengan Hulk, memulai karier di tanah airnya pada usia 18 tahun sebelum pindah ke luar negeri. Menariknya, tujuannya bukan Eropa, seperti kebanyakan rekan senegaranya, tapi ke Jepang.