oleh

10 Pemain Sepak Bola Dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

Menjadi pemain sepak bola dunia tidak hanya populer tetapi juga mendatangkan banyak uang. Populer dengan pemain-pemain berbakatnya, klub-klub dunia rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan bintang sepak bola. Jika dulu perusahaan-perusahaan besar menguasai perusahaan-perusahaan Eropa, kini Arab Saudi tiba-tiba menjadi ancaman bagi Eropa. Tim lokal Petro Dollar memeras selebriti Eropa untuk mengikuti kompetisi mereka. 30 tahun lalu, pasar sepak bola hanya terbatas pada klub-klub Italia, terutama dari AC Milan, Inter Milan, Juventus. Inter Milan memulainya dengan memecahkan rekor dengan transfer Ronaldo Luis Nazario dari Barcelona. Lalu, duo Spanyol, Real Madrid dan Barcelona,​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​Keduanya rela membayar besar demi pemain top mengejar gelar. Namun akuisisi klub-klub Inggris dan Prancis oleh para jutawan Arab membuat mereka tiba-tiba kaya raya. PSG, Manchester City, Chelsea adalah raksasa baru yang mampu membayar gaji besar untuk pemain bintangnya. Pada masa pemerintahan klub-klub ini, tim olahraga Saudi tiba-tiba memasuki pasar. Al-Ahli, Al-Ittihad, Al-Nassr, yang mencoba bintang-bintang Eropa untuk bersaing. Membayar biaya besar, bintang-bintang seperti Ronaldo, Neymar, Karim Benzema, Sadio Mane, Jordan Henderson dan lainnya memilih hengkang dari klubnya di Eropa.

Alhasil, Liga Saudi kini menjadi kekuatan utama sepakbola dunia. Telah diumumkan bahwa 8 dari 10 pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia bermain di Liga Saudi.
Berikut peringkat 10 pesepakbola dengan bayaran tertinggi tahun 2023:

10. Kalidou Koulibaly (Euro 30)

Kalidou Koulibaly menjadi salah satu pemain yang melanjutkan kariernya di Liga Saudi setelah mengambil keputusan hengkang dari Chelsea pada 2023.

Koulibaly bergabung dengan klub dari Al Hilal dengan gaji 30 juta euro per tahun.

9. Riyad Mahrez (€35)

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu merasa tidak senang dengan berkurangnya menit bermainnya di Manchester City dalam beberapa bulan terakhir. Terakhir, Mahrez menerima tawaran dari Al Ahli yang mencakup gaji sebesar 35 juta euro per tahun.

8. Jordan Henderson (€40)

Keputusan Jordan Henderson hengkang dari Liverpool menjadi salah satu kejutan bursa transfer musim panas 2023.

Pemain berposisi gelandang itu bergabung dengan Al Ettifaq dan mendapat gaji sebesar 40 juta euro per tahun.

7. Sadio Mane (40 euro)

Sadio Mané gagal memenuhi ekspektasi ketika meninggalkan Liverpool ke Bayern Munich pada musim panas 2022. Terakhir, raksasa Bundesliga menjual Mane ke Al Nassr yang membayarnya 40 juta euro per tahun.

6. Lionel Messi (Euro 45)

Ketika kontraknya berakhir, Messi memutuskan menerima tawaran dari Inter Miami di Amerika Serikat yang memberinya gaji sebesar 45 juta euro per tahun (tidak termasuk penghasilan tambahan dari Apple TV dan Adidas).

5. Kylian Mbappe (€70)

Bintang asal Prancis itu ingin bertahan di Parc des Princes hingga tahun 2024, belum diketahui apa yang akan terjadi tahun depan. Mbappé mendapat gaji sebesar 70 juta euro per tahun.

4. N’Golo Kante (100 juta Euro)

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu menolak tawaran perpanjangan kontrak yang diberikan kepadanya oleh manajemen The Blues.

Kante memilih untuk melanjutkan kariernya di Al Ittihad, yang memberinya gaji yang mencapai 100 juta Euro per tahun.

3. Neymar Jr (100 juta Euro)

Bintang yang berasal dari Brasil itu sudah masuk dalam daftar transfer Les Parisiens dalam beberapa tahun terakhir.

Pada akhirnya, Al Hilal menjadi klub yang mendatangkan mantan pemain Barcelona tersebut, dan memberi gaji senilai 100 juta Euro per tahun.

2. Karim Benzema (200 juta Euro)

Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu memutuskan untuk meninggalkan Real Madrid. Benzema bergabung dengan Al Ittihad dengan kontrak bernilai 200 juta Euro per tahun.

1. Cristiano Ronaldo (200 juta Euro)

Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Liga Arab Saudi pantas disebut sebagai momen yang meningkatkan sorotan terhadap kompetisi di negara kerajaan tersebut.

CR7 bergabung dengan Al Nassr setelah menyepakati pemutusan kontrak dengan Manchester United. Bintang sepak bola Portugal itu disebut memperoleh gaji senilai 200 juta Euro per tahun.