oleh

Wayne Rooney Akan Jadi Tulang Punggung Skuat Everton

Wayne Rooney akan bermain di lini depan untuk Everton. Hal itu ditegaskan manajer Everton Ronald Koeman pada Senin, menyusul resminya kepindahan pemain 31 tahun itu dari Manchester United.

Rooney sudah berlatih dengan pemain Everton di pusat latihan Finch Farm pada Senin pagi. Ia lantas menemui wartawan bersama Koeman.

Koeman dengan cepat menjelaskan bahwa ia mengharapkan Rooney memberikan ancaman di lini depan, mengakhiri dugaan-dugaan soal posisinya. Sebelumnya, MU kerap memainkan Rooney sebagai gelandang.

“Semua orang tahu kualitas-kualitas Wayne. Kami berusaha untuk lebih produktif. Ia dapat menjadi nomor punggung sepuluh di belakang penyerang, nomor sembilan, nomor tujuh,” kata Koeman.

Everton sedang membutuhkan penyerang setelah Romelu Lukaku hijrah ke MU. “Kami perlu meningkatkan tingkat ketajaman penyerang kami. Musim lalu Romelu mencetak 25 gol dan merupakan terbaik berikutnya adalah empat atau lima (gol). Itu tidak cukup bagus. Wayne adalah tipe pemain yang dapat menghadirkan produktifitas kepada tim,” kata Koeman.

Koeman menegaskan, Rooney sangat ingin kembali ke Everton. “Ia telah memperlihatkan kepada kami apda pertemuan pertama bahwa ia menyukai tekanan. Beberapa pemain memerlukannya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.”

Rooney akan bermain dengan nomor punggung favoritnya, 10, di Everton. Pemain ini mengatakan senang dapat kembali ke klub masa kecilnya dan berniat untuk membantu mereka memenangi trofi utama pertamanya sejak memenangi Piala FA 1995. Kala itu Everton mengalahkan Manchester United di Wembley, dan ia hadiri sebagai seorang penggemar. “Semua keluarga saya senang melihat saya kembali bermain dengan kaus biru,” kata Rooney.

Ia berharap bisa mendapat kesempatan bermain lebih luas di klub lamanya ini. “Tidak masuk tim di United sangat membuat frustrasi. Saya bermain di sepanjang karier saya, itulah pertama kalinya saya berada di bangku pemain cadangan. Itu bukan saya. Saya perlu bermain. Namun tentu saja saya merupakan kapten di sana, maka saya harus positif.”

“Saya tidak pernah benar-benar memikirkan hal itu (kembali ke Everton), hanya pada satu tahap ketika saya harus mengambil langkah selanjutnya,” kata Rooney lagi. “Saat saya tahu Ronald Koeman tertarik mendatangkan saya kembali ke Everton maka itu adalah keputusan mudah, inilah di mana saya ingin bermain.”

Rooney, yang akan berusia 32 tahun pada Oktober, telah meneken kontrak dua tahun dengan klub yang finis di peringkat ketujuh di Liga Inggris musim lalu, hanya kalah satu posisi dari United. “Saya senang, inilah tantangan yang datang di saat yang tepat di karier saya. Mudah-mudahan, kami akan memenangi trofi-trofi. Inilah rumah pensiunan,” kata dia.