oleh

Vicente Del Bosque Cemas Timnas Spanyol Jadi Arogan

Pelatih tim nasional Spanyol Vicente del Bosque mengakui bahwa dirinya khawatir dengan pola pikir anak asuhnya menjelang Piala Dunia 2014.

Juara bertahan Piala Dunia dan Euro tersebut dibekuk 3-0 pada final Piala Konfederasi 2013 oleh tuan rumah Brasil, dan Del Bosque memperingatkan agar para pemain bintangnya tidak mendewakan kedigdayaan mereka di tahun-tahun sebelumnya.

“Ada pemain yang memenangkan banyak hal, hampir segalanya, dan mereka melihat sesuatu dengan berbeda dibandingkan dengan lima atau enam tahun lalu,” ujar Del Bosque kepada AS.

“Itu adalah satu-satunya ketakutan yang saya miliki. Sungguh fundamental untuk menjadi sosok yang rendah hati, olahragawan dan baik. Kami harus melupakan masa lalu dan tidak laurt dalam kemenangan di tahun-tahun sebelumnya.”

“Kami akan menjalani Piala Dunia yang lain, yang berbeda, di negara berbeda dan benua yang berbeda, dan kami harus pergi ke sana dengan semangat yang sama seperti di Afrika Selatan. Itu yang paling penting.”

“Kerendahan hati bukan omong kosong. Jika saya memintanya, itu karena saya tahu itu adalah jalanĀ  menuju kesuksesan. Spanyol memiliki tim nasional yang bagus dan tidak inferior dengan siapapun tetapi kami harus waspada.”

“Kami adalah tim yang diincar tim lain dan ada banyak lawan kuat, terutama dari negara Amerika Selatan seperti Brasil, Kolombia, Argetina dan Cili.”

“Kemudian ada negara Eropa, seperti Jerman, Belanda atau Portugal. Ini tidak mudah dan kami harus menghargai semua lawan kami.”