oleh

Timnas Senior Harus Berani Panggil Pemain Usia Muda

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, mengemban tugas berat untuk menjuarai Piala AFF 2014. Dia pun mulai menata tim yang akan dibentuknya pada ajang tersebut sejak akhir Februari lalu. Beberapa pemain pun dipanggil untuk mengikuti pelatnas tahap pertama lalu.

Mulai dari usianya yang paling tua seperti Cristian Gonzales (37) hingga yang paling muda Manahati Lestusen dan Irsyad Maulana yang masih berusia 20 tahun.

Pada pelatnas tahap kedua, ada beberapa pemain muda yang kembali dipanggil Riedl seperti Andritany Ardhiyasa, Diego Michiels, Rizky Ahmad Sanjaya Pellu, Bayu Gatra Sanggiawan, serta Manahati. Dari sederetan nama itu, Manahati menjadi pemain termuda di skuat Garuda saat ini dengan usia 20 tahun.

Mantan pelatih timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, mengatakan timnas senior harus lebih berani memanggil para pemain usia muda. “Saya rasa di Indonesia ini justru menurut saya kurang berani tim senior panggil pemain muda usia. Kalau dia punya kualitas kenapa tidak dipanggil?” ujar pelatih yang akrab disapa RD itu, kepada wartawan di sela-sela acara Coke Kicks di Jakarta, Kamis (20/3).

Menurut RD, memanggil pemain muda di bawah usia 20 tahun untuk memperkuat timnas senior sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh negara yang sepakbolanya telah maju. “Contohnya banyak, ada Wayne Rooney pada usia 17 tahun sudah masuk timnas senior, kemudian ada lagi banyak pemain bertalenta seperti Roberto Baggio, Theo Walcott yang sudah memperkuat timnas pada usia muda,” RD memaparkan.

Namun begitu, RD juga tidak mempermasalahkan pilihan Riedl yang memanggil para pemain yang usianya sudah tidak muda lagi seperti Firman Utina, Hamka Hamzah, maupun Gonzales. Pelatih Persebaya Surabaya itu berpendapat timnas harus diisi kumpulan pemain terbaik yang dipunyai Indonesia tanpa melihat usia.

“Kita lihat Roger Milla, ada Maldini juga yang masih main di usia 38 tahun sebelum pensiun. Walter Zenga masih di bawah mistar Italia pada usia 43 tahun. Pelatih punya hak penuh dalam memanggil pemain, dan pelatih juga tidak bisa diintervensi oleh siapapun, itu catatan yang penting,” tegas pelatih berusia 47 tahun itu.

“Sekarang coach Riedl memanggil pemain yang berbeda dengan pelatih timnas sebelumnya itu harus kita hargai. Karena dia yang akan menentukan arah tim ini mau ke mana,” tukas mantan pelatih Persipura Jayapura ini.