oleh

Timnas Indonesia U-19 Siap Jajal Tim PON Jatim

Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri menyatakan, anak asuhnya sudah siap menghadapi pertandingan uji coba melawan tim PON Jawa Tomur di Stadion Delta Sidoarjo, Sabtu (17/8).

Menurut Indra, seleksi dan persiapan timnas U-19 menuju Piala AFF 2013 terus dimatangkan, karena masih banyak kekurangan yang harus dibenahi anak asuhnya saat ini. Meski begitu, ia menyatakan para pemainnya sudah siap menghadapi tantangan tim PON Jatim.

“Masih banyak yang harus ditingkatkan lagi. Tak hanya fisik, namun juga taktik bermain, teknik, dan mental bertanding. Soal uji coba lawan tim Jawa Timur, kami semua sudah siap,” ungkap Indra.

Indra menambahkan, laga kontra tim Jatim nantinya akan dijadikan tolak ukur maupun bahan evaluasi kekurangan yang ada. Hal ini dianggap penting, mengingat Timnas U-19 dijadwalkan sudah terjun di Piala AFF U-19 pada awal September.

“Dalam uji coba lawan tim Jatim, saya ingin melihat bagaimana organisasi bermain anak-anak, baik dalam bertahan maupun menyerang,” jelasnya.

Khusus untuk barisan depan, Indra mempunyai catatan tersendiri. Indra menilai tukang gedor Timnas U-19 masih terkendala dalam hal penyelesaian akhir. Pekerjaan rumah ini yang coba akan dibenahi dalam beberapa laga uji coba.

“Masih ada masalah di finishing. Anak-anak memang sering menciptakan banyak peluang, namun kurang tenang dalam mencetak gol. Karena itu, kami akan perbanyak latihan memanfaatkan peluang yang ada. Kita lihat saja perkembangannya di setiap uji coba, semoga ada peningkatan yang sesuai harapan,” tandasnya.

Setelah meladeni tim Jatim proyeksi PON 2016, Timnas U-19 juga bakal beruji coba dengan Arab Saudi di Malaysia pada 22 Agustus 2013. Dilanjutkan lawan Gresik United U-21 pada 29 Agustus, dan Deltras Sidoarjo U-21 pada 31 Agustus. Sebelumnya, dijadwalkan satu laga uji coba lain yakni, kontra Timor Leste pada 25 Agustus. Namun agenda tersebut, sampai saat ini belum menemui titik terang.

Evan Dimas dkk sudah menjalani pemusatan latihan (TC) di Sidoarjo sejak Selasa (13/8). Program ini, merupakan lanjutan dari seleksi yang digelar di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Nantinya, pertandingan uji coba yang digelar di dalam negeri akan banyak menggunakan Stadion Delta Sioarjo, dan Stadion Petrokimia Gresik, serta digelar malam hari sebagai bagian dari adaptasi dengan jadwal kejuaraan.

Piala AFF U-19 sendiri dijadwalkan akan berlangsung di Sidoarjo dan Gresik, pada rentang 9 sampai 23 September 2013. Timnas U-19 tergabung di Grup B bersama Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Myanmar, serta Malaysia.