oleh

Tim nasional Indonesia U-19 Menang Atas Filipina 2-0

Tim nasional Indonesia U-19 Menang Atas Filipina
Tim nasional Indonesia U-19 Menang Atas Filipina

Kemenangan atas Filipina belum mengamankan peluang tim Garuda Jaya untuk lolos ke putaran final.

Tim nasional Indonesia U-19 kembali sukses mendulang angka penuh saat mengalahkan Filipina dalam laga kedua Grup G kualifikasi Piala Asia 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/10) malam WIB.

Tambahan tiga angka membuat timnas U-19 menduduki peringkat kedua klasemen sementara di bawah Korea Selatan. Tim besutan Indra Sjafri ini mengoleksi nilai enam, sama dengan perolehan Korea Selatan. Namun tim Garuda Jaya kalah selisih gol.

Walau memetik kemenangan, peluang Indonesia untuk lolos ke putaran final masih belum aman, mengingat tim-tim di grup lain juga mencatatkan angka sama dengan selisih gol lebih baik. Konfederasi sepakbola Asia (AFC) hanya meloloskan enam tim yang berstatus runner-up terbaik.

Timnas U-19 tampil dominan, dan menguasai permainan di laga melawan Filipina. Tekanan demi tekanan sudah dilancarkan ke jantung pertahanan lawan sejak peluit kick-off ditiupkan wasit.

Hanya saja, pemain timnas U-19 mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Filipina yang menumpuk pemain hingga delapan orang di lini belakang. Tuan rumah mencoba melepaskan tendangan jarak jauh guna memecahkan kebuntuan.

Peluang diperoleh Indonesia di menit ke-20, namun tandukan Dinan Yahdian menyambut sepak pojok Evan Dimas dapat ditepis kiper Ronillo Bayan. Selang tiga menit kemudian, tendangan Dimas membentur tiang gawang.

Indonesia akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit ke-28. Tendangan bebas indah M Hargianto tidak bisa dihentikan Ronillo, sehingga bersarang di gawangnya. Indonesia memimpin 1-0.

Sukses menjebol gawang lawan membuat pemain Indonesia lebih termotivasi. Serangan demi serangan dilancarkan ke pertahanan Filipina, tapi skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Ronillo sudah harus melakukan penyelamatan ketika babak kedua baru berjalan dua menit untuk menepis tendangan Dimas. Sedangkan di menit ke-52, Ronillo mementahkan peluang yang dimiliki Dinan.

Ronillo menjadi pahlawan bagi Filipina yang menghindari gawangnya dari kebobolan banyak gol. Kiper Filipina ini berkali-kali melakukan penyelamatan untuk mementahkan peluang Dinan, Dimas, dan Paulo Simanjuntak.

Indonesia akhirnya memastikan kemenangan menjadi 2-0 lima menit sebelum pertandingan berakhir. Umpan terobosan Paulo diterima Yabes Roni, yang selanjutnya menghujamkan bola ke dalam gawang Filipina.