Tim Merah Putih akan menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo

Tim Merah Putih
Tim Merah Putih

Tim Merah Putih

Tim nasional senior diagendakan melakoni pertandingan uji coba melawan Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (29/9).

Dalam uji coba nanti, jajaran tim pelatih di bawah kendali Jacksen F Tiago telah menentukan 19 dari 24 pemain yang sebelumnya dipersiapkan menghadapi Cina. Jumlah tersebut tidak termasuk dua andalan Persebaya 1927, Andik Vermansyah dan M Taufiq.

Andik saat ini tengah berkonsentrasi membela timnas U-23 di ajang Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang. Sedangkan Taufiq dikabarkan mempunyai kepentingan membela klubnya dalam lanjutan Indonesian Primer League (IPL).

Terkait hal ini, PSSI mengaku kesulitan memaksa klub untuk melepas pemain ke Timnas, sebab laga uji coba ini tidak masuk dalam agenda FIFA. Sedangkan untuk Andik, tenaganya lebih dibutuhkan timnas U-23.

“Pertandingan persahabatan timnas Senior lawan Timor Leste akan dilakukan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Kick-off dimulai pukul 18.00 WIB,” ujar sekretaris Badan Tim Nasional (BTN) Sefdin Syaifudin.

“Klub memang mempunyai hak untuk tidak melepas pemainnya. Tapi, harus diukur dulu bersama-sama, kepentingannya seperti apa. Kami harus melihat kepentingan itu seperti apa secara bersama-sama.”

Mengingat pertandingan akan dilangsungkan di GBT, maka untuk latihan timnas senior diagendakan di Stadion Petrokimia Gresik – markas Gresik United. Jarak yang tidak terlalu jauh dianggap efisien dalam menanggulangi kelelahan para pemain.

Saat ini, ke-19 pemain yang dipersiapkan menjajal kekuatan Timor Leste sudah berkumpul di salah satu hotel yang berada di Kawasan Surabaya Timur. Kebetulan, hotel ini jaraknya tidak terlalu jauh dari Gresik maupun GBT.

Timor Leste sendiri sebenarnya tidak masuk dalam hitungan. Sebab, PSSI sebelumnya mengagendakan laga uji coba menghadapi Myanmar. Namun dikarenakan Myanmar berhalangan, maka lawan tanding diubah menghadapi Timor Leste.

Berikut pemain Timnas yang dipanggil kontra Timor Leste:
Choirul Huda (Persela Lamongan), I Made Wirawan (Persib Bandung), Dian Agus Prasetyo (Barito Putra), Yustinus Pae (Persipura Jayapura), Ruben Sanadi (Persipura), Slamet Nur Cahyono (Persiba Bantul), Raphael Maitimo (Mitra Kukar), Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Vendri Mofu (Semen Padang), Boaz Solossa (Persipura), Titus Bonay (Semen Padang), Patrich Wanggai (Persipura), Zulham Zamrun (Mitra Kukar), M Robby (Persisam Samarinda), Firdaus Ramadhan (Persita Tangerang), Sergio Van Dijk (Persib), Fachruddin (Persepam Madura United), Imanuel Wanggai (Persipura), Toni Sucipto (Persib).