oleh

Tiga gol tanpa balas ke gawang Irlandia, Jerman Tatap Piala Dunia 2014

Jerman Tatap Piala Dunia 2014
Jerman Tatap Piala Dunia 2014

Tiga gol tanpa balas ke gawang Irlandia Utara menegaskan posisi Jerman di puncak klasemen Grup C. Perbedaan kelas pun jelas terlihat dalam laga di Rhein Energie Stadion, Koln, Jerman unggul dalam segala hal.

Gol dari Sami Khedira, Andre Schurrle, dan Mesut Ozil sukses membawa Jerman ke Piala Dunia 2014. Sementara itu Republik Irlandia yang menelan kekalahan, Jumat (11/10) ini, hanya bisa berharap ada mujizat yang meloloskan mereka ke Brasil.

Babak pertama
Tuan rumah langsung menyajikan tempo cepat bagi tim tamu. Rep Irlandia pun tampak kewalahan dalam usaha menguasai bola. Jerman pun terus mengalirkan bola.

Peluang pertama lahir dari kaki Philipp Lahm. Bek Bayern Munich itu menusuk pertahanan Irlandia dan memberikan umpan pada Mesut Ozil yang sukses menguasai bola, namun sepakan kaki kirinya masih melebar.

Selang enam menit, Philipp Lahm kembali melahirkan peluang. Kesalahan terjadi pada kubu Irlandia yang justru kehilangan bola dengan mudah. Lahm yang berada posisi tepat pun langsung menyodorkan bola ke hadapan Khedira yang langsung menceploskan bola ke gawang David Forde.

Dominasi Jerman tak berhenti sampai di situ. Der Panzer terus melakukan tekanan dan membuat barisan Irlandia kerepotan. Aksi Lahm di menit 35 pun kembali mengancam Rep Irlandia. Umpan sang kapten ke kotak penalti sukses ditanduk Andre Schurrle, namun Forde mampu menghalau bola dengan gemilang.

Perbedaan kelas terlalu jelas. Jerman unggul segala hal walau penyelesaian kurang. Satu-satunya kesempatan emas tim tamu pun lahir dari tandukan Ciaran Clark yang membentur mistar tepat beberapa menit jelang jeda. Di babak pertama, Jerman masih tampak terlalu kuat bagi Rep. Irlandia.

Babak kedua
Irlandia tampak lebih berdaya di awal babak kedua. Anthony Stokes pun sukses membuat Neuer melakukan penyelamatan yang menghasilkan sepak pojok. Sayang, tim tamu masih belum mampu menjebol gawangnya.

Jerman menggandakan keunggulan saat laga hampir berjalan satu jam. Kerjasama cantik ditunjukkan oleh Jerman dalam proses terjadinya gol. Bermula dari umpan pendek Ozil ke Thomas Muller yang diteruskan ke Toni Kroos. Gelandang Bayern ini pun mengecoh pertahanan Irlandia dan memberikan umpan ke Schurrle yang dengan mudah menggulirkan bola ke jala Irlandia. Skor 2-0 untuk Jerman.

Muller hampir saja memperbesar jurang keunggulan. Aksi Schurrle di sisi kiri lapangan membuat pertahanan tim tamu kelabakan. Umpan sang gelandang ini pun tak mampu dihentikan dan Muller mampu menyambut umpan itu. Bola mengarah ke gawang, namun Forde masih mampu menghalaunya.

Republik Irlandia hampi memperkecil ketertinggalan lewat Seamus Coleman. Sayang terjangannya mampu ditepis Neuer. Bola muntah yang bergulir ke depan McCarthy setelahnya pun masih bisa diselamatkan oleh kiper Bayern ini.

Jelang peluit panjang, giliran Ozil mencatatkan namanya di papan skor. Serangan balik cepat Der Panzer yang diarsiteki oleh Schweinsteiger mampu dimanfaatkan gelandang Arsenal ini. Ozil pun dengan tenang menaklukkan Forde dan Irlandia semakin jauh tertinggal.

Jerman dominan secara keseluruhan. Jika bukan karena aksi gemilang Forde, tentu skor akan berakhir lebih kejam. Stokes yang jadi ujung tombak Irlandia pun tak bisa berbuat banyak di sini. Jerman sukses mengantongi tiga poin dan lolos ke Brasil secara otomatis sebagai juara Grup C.

SUSUNAN PEMAIN
Jerman: Neuer, Lahm, Mertesacker, Boateng, Jansen, Khedira, Schweinsteiger, Kroos, Ozil, Schurrle, Muller
Irlandia Utara: Forde, Coleman, Delaney, Kelly, Clark, Whelan, Gibson, McCarthy, Wilson, Doyle, Stokes