oleh

Tiga gol Pedro Rodriguez Sempurnakan Kemenangan Barcelona

Pedro Rodriguez
Pedro Rodriguez

Juara bertahan Barcelona melanjutkan start sempurna di Primera Liga Spanyol musim ini berkat kemenangan besar 4-0 atas tuan rumah Rayo Vallecano, Minggu (22/9) dinihari WIB.

Tiga dari empat gol raksasa Catalan ke gawang Ruben disarangkan oleh Pedro Rodriguez sebelum Cesc Fabregas melengkapi prahara Los Franjirrojos sepuluh menit jelang bubaran.

Blaugrana tetap kokoh memimpin klasemen dengan poin maksimal 15 dari lima partai yang telah dilalui, unggul tiga angka atas Atletico Madrid, yang baru memainkan jornada 5 versus Real Valladolid usai laga ini.

Babak Pertama

Menjadi tuan rumah di Vallecas, nama besar Barcelona sama sekali tak membuat gentar Rayo Vallecano.

Mereka bermain tanpa beban dan langsung memberikan tekanan di awal laga. Bahkan kalau bukan karena kehebatan Victor Valdes, anak buah Paco Jemez boleh jadi bakal memimpin dini.

Menyambut sebuah umpan silang dari sisi kiri, Jonathan Viera melepas tandukan kencang dan terarah yang digagalkan dengan brilian oleh Valdes.

Blaugrana tentunya tidak tinggal diam. Setidaknya dua kali mereka mendapatkan kesempatan lewat tembakan Neymar, namun yang pertama dapat dihalau pemain bertahan Rayo, sedangkan yang kedua masih terlalu melebar.

Laga berjalan semakin seru dengan kedua tim bergantian melancarkan tekanan hingga akhirnya kebuntuan terpecahkan di menit ke-33. Lionel Messi menampilkan kontrol bola prima untuk melewati dua bek tuan rumah sebelum memberikan umpan manis yang tak disia-siakan Pedro Rodriguez.

Keunggulan El Barca tampak tidak akan tahan lama setelah hanya dua menit berselang wasit memberikan hadiah penalti untuk Los Franjirrojos menyusul pelanggaran Adriano terhadap Roberto Trashorras di kotak terlarang.

Namun, kembali Valdes beraksi menjaga kemurnian gawangnya. Tendangan penalti yang dilakukan sendiri oleh Trasshores bisa dimentahkan kiper plontos tersebut. Itu adalah penyelamatan penalti kedua berturut-turut bagi Valdes setelah sebelumnya menggagalkan eksekusi Kolbein Sigthorsson dalam laga kontra Ajax di Liga Champions.

Aksi Valdes sekaligus memastikan keunggulan tipis 1-0 Azulgrana di Vallecas terjaga sampai berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Cuma dua menit setelah restart, papan skor menunjukkan bertambahnya keunggulan tim tamu. Pedro untuk kedua kalinya menaklukkan kiper Ruben, kali ini dengan memanfaatkan sodoran Cesc Fabregas dari sisi kiri.

Tidak lama kemudian, Messi berusaha turut menyumbangkan gol untuk The Catalans di laga ini lewat eksekusi tendangan bebasnya. Sayangnya bola masih menyamping tipis dari gawang Vallecano.

Kubu tuan rumah sendiri masih mencoba menciptakan setidaknya satu gol balasan lewat serangan-serangan cepat, tapi peluang yang mereka hasilkan di babak kedua ini seringkali tidak begitu membahayakan.

Di lain pihak, Barca terlihat meyakinkan setiap kali menggeber tekanan. Di menit ke-66, Neymar terbilang kurang mujur gagal menambah keunggulan Barca setelah tembakannya membentur tiang.

Gol ketiga toh pada akhirnya datang juga buat pasukan Tata Martino, dan lagi-lagi Pedro yang membukukan namanya di papan skor. Sang winger melengkapi hat-trick berkat assist Neymar, yang lebih memilih mengumpan kendati berpeluang menembak langsung.

Menginjak seperempat jam akhir, Neymar kembali memperlihatkan kelihaiannya memberikan bola matang. Lewat umpan tumitnya, bintang muda Brasil itu membuat Messi terbebas masuk ke kotak penalti, tapi sepakan akurat La Pulga gagal berbuah gol setelah ditepis dengan gemilang oleh Ruben.

Meskipun demikian, Ruben tetap memungut bola dari dalam gawangnya sekali lagi pada menit ke-80. Adalah Fabregas yang muncul sebagai penutup pesta gol Blaugrana di Vallecas.

Berawal dari kesalahan umpan Alejandro Galvez, Xavi Hernandez mengalirkan bola kepada Fabregas, yang tanpa kesulitan berarti menaklukkan Ruben dengan penyelesaian terarah ke sudut bawah gawang.

Susunan Pemain:

Vallecano (4-2-3-1): Ruben; Tito, Arbilla, Galvez, Mojica; Raul Baena, Roberto Trashorras; Alberto Perea, Jonathan Viera, Saul; Bueno.

Cadangan: Cobeno; Nacho Martinez, Adrian, Galeano, Larrivey, Cueva, Adri Embarba.

Barcelona (4-3-3): Valdes; Montoya, Pique, Mascherano, Adriano; Xavi, Song, Fabregas; Pedro, Messi, Neymar.

Cadangan: Pinto; Iniesta, Alexis, Jonathan Dos Santos, Bartra, Tello, Dani Alves.