oleh

Tendangan Umut Bulut Gagalkan Tiga Poin Juventus vs Galatasaray

Umut Bulut Gagalkan Tiga Poin Juventus
Umut Bulut Gagalkan Tiga Poin Juventus

Juventus harus gigit jari di Juventus Stadium saat kemenangan di depan mata sirna seketika di matchday 2 Liga Champions, Kamis [3/10] dini hari WIB. Sempat tertinggal sebelum dibalikkan jadi 2-1, pasukan Antonio Conte mesti puas pada akhirnya berbagi poin dengan Galatasaray berkat gol penyeimbang dari Umut Bulut yang memaksa laga berakhir sama kuat, 2-2.

Dengan demikian, Juve belum sekalipun menang di dua laga UCL. Kini mereka menduduki posisi kedua Grup B dengan nilai dua angka, terpaut empat poin dari pemuncak Real Madrid. Adapun Gala berada di dasar klasemen dengan perolehan satu poin.

Babak pertama

Setelah 15 menit pertama kedua tim saling meraba-raba kekuata, tiga menit berselang barulah kans itu muncul. Didier Drogba merangsek ke box lawan sebelum melesatkan tendangan dari sudut yang susah. Sayang, Gigi Buffon sigap mengantisipasi.

Tim tamu kembali memberikan ancamannya pada menit ke-21 melalui Bruma. Drogba menyodorkan bola, tapi kemudian sepakan Bruma dapat kembali dihalau Buffon.

Setelah ditekan, Juve baru bisa terbebas pada menit ke-26. Kans didapat kubu si Nyonya Tua lewat tendangan bebas dari sang jenderal Andre Pirlo. Namun bola belum mengarah pada target yang tepat.

Demikian halnya dengan aksi Fabio Quagliarella dua menit berselang. Sodoran Carlos Tevez sukses dilanjutkan Quagliarella meski harus berujung sepakan melebar.

Memasuki menit ke-35, Arturo Vidal mendapat ruang tembak dari jarak jauh, meski dentumannya masih dapat diblok pemain Bianconerri. Papan skor belum berubah.

Publik Turin tercengang saat melihat Drogba sukses membobol gawang Buffon di menit ke-36. Keras, eks striker Chelsea ini melesakkan sepakan dari luar kotak penalti yang cukup ambisius. Buffon gagal menghalaunya.

Tiga menit sebelum turun minum, Wesley Sneijder unjuk kebolehan dengan melepas tendangan keras. Namun arah bola masih lebih senang melambung.

Jelang laga 45 menit pertama berakhir, Kwadwo Asamohah meneruskan umpan silang dari Stephan Lichsteniner, yang ujungnya hanya berakhir tembakan yang dapat diamankan Muslera.

Babak kedua

Juventus inisiatif mengancam di interval kedua lewat dua peluang yang off target. pertama sepakan dari Vidal, kedua lesakkan jarak jauh Asamoah.

Felipe Melo hampir menjebol gawang mantan klubnya pada menit ke-54 andai dia bisa lebih tenang dalam menuntaskan operan sempurna dari Sneijder.

Vidal juga membuang peluang di menit ke-59 saat dua lesakkannya belum berujung positif. Tendangan pertama menyamping, disusul sepakan lainnya yang masih terbang tinggi.

Begitupun akselerasi Paul Pogba yang masuk ke kotak penalti lawan. Tapi tidak berujung torehan penyeimbang.

Menginjak menit ke-70, Fernando Llorente dengan cepat memberi impak. Baru semenit masuk, dia mendapatkan peluang lewat tandukan, meski akhirnya belum menambah gol di babak kedua.

Pada menit ke-77 Juve memperoleh hadian penalti setelah Quagliarella dijatuhkan di box sensitif oleh Amrabat. Vidal yang maju sebagai algojo, 100 persen menjalankan tugasnya.

Pasukan Antonio Conte akhirnya bisa membalikkan keadaan sekaligus bangkit setelah umpan terukur Andrea Pirlo dapat diteruskan Quagliarella menjadi gol yang membuat kini papan skor berubah, 2-1. Publik turin larut dalam euforia.

Tapi kebahagiaan ini tak bertahan lama. Dramatis! Saat kemenangan sudah di depan mata, dua menit sebelum pertandingan bubar, Umut Bulut sukses menceploskan bola meneruskan sodoran dari Drogba. Dramatis!

Di masa injury time Juve mengamuk dan ingin segera membalikkan keadaan lagi. Tapi sepakan dari Llorente belum menjumpai target. Menyamping.

Juventus (vs Galatasaray) XI: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Pirlo, Vidal, Pogba, Asamoah; Tévez, Vucinic.

Galatasaray (vs Juventus) XI: Muslera; Eboué, Semih Kaya, Chedjou, Riera; Felipe Melo, Inan; Balta, Sneijder, Bruma; Drogba.