Stefano Lilipaly : Pemain Terbaik Indonesia vs Filipina

Indonesia kembali memupus usaha Filipina yang bertekad merusak rekor tak pernah menang atas skuat Garuda kala berduel di Manahan, Solo, dalam laga bertajuk ujicoba, Rabu [14/8].

Di laga itu, pasukan Jacksen F Tigao kembali meraih kemenangan, dua gol tanpa balas. Namun catatan penting yang perlu digarisbawahi dari laga ini adalah kembalinya lini serang Indonesia yang sempat dalam beberapa partai terakhir krisis gol.

Praktis, kemenangan 2-0 ini menjadi bukti bila daya gedor timnas sedikitnya sudah menemukan lagi tajinya. Tapi perlu diingat, lini serang Indonesia juga membaik bukannya tanpa support dari sektor lainnya.

Pada pertandingan malam ini, lini kedua Indonesia terlihat tampil berbeda, lebih segar dan lebih hidup. Ini tak lepas berkat kehadiran sosok naturalisasi yang melakoni debut di level timnas senior, dialah Stefano Lilipaly. Meski ini adalah laga perdananya bersama timnas senior, tapi dia sama sekali tak menunjukkan performa gugup. Bahkan, terlihat seperti telah lama padu dengan pemain-pemain lainnya.

Menit ke-31 adalan momen krusial yang dilalui Lilipaly. Kecerdasannya membaca arah bola yang akan dilayangkan oleh Hasim Kipuw membuat dirinya bisa menyambut umpan lambung terobosan sang fullbackdi waktu dan posisi yang tepat. Sedikit mengontrol, Lilipaly tanpa melihat rekan langsung menyodorkan si kulit bundar ke tiang jauh tepat di kaki Greg. Tap-in nama terakhir pun tanpa ampun mengoyak jala yang dikawal Eduard Sacapano. Indonesia pun pecah telur.

Secara keseluruhan, performa Lilipaly patut mendapat apresiasi khusus. Selain menjadi distributor bola di tengah, soal shot, pemain yang merumput di divisi dua Belanda bareng Almere City ini terbaik dibanding pemain lainnya. Total tiga tendangan dia empaskan ke gawang The Azkals, satu di antaranya on target. Di samping itu, komunikasi yang dibangun Lilipaly dengan rekan juga terlihat berjalan dengan rapih. Hal ini membuat dirinya bisa menjembatani pemain belakang dan depan.

Debut impresif ini paling tidak akan membuat namanya tetap dalam perhitungan Jacksen F Tiago di laga-laga selanjutnya.