oleh

Spanyol Takluk dengan skor tipis 1-0 Di Afrika Selatan

Spanyol memetik hasil mengecewakan di laga uji coba terakhir mereka. Berlaga di FNB Stadium, Rabu (20/11) dinihari WIB, juara dunia 2010 itu takluk dengan skor tipis 1-0.

Babak I

Spanyol dan tuan rumah Afrika Selatan masih belum bisa mencuri satu gol pun kala kedua tim melakoni uji coba di FNB Stadium, Rabu (20/11) dinihari WIB.

Kedua tim memiliki sejumlah peluang untuk unggul selama 45 menit pertama. Andres Iniesta misalnya, di menit 11, yang sayangnya bola hasil tendangannya masih melebar dari gawang.

Afsel membalas lewat tendangan jarak jauh Matthew Oupa Manyisa, yang masih bisa diblok barisan belakang Spanyol di menit 18. Usaha Bernard Parker dua menit berselang juga masih kurang tepat sasaran.

Sementara David Villa nyaris mencetak gol di menit 25, jika saja bola kirimannya tak ditepis penjaga gawang Afsel. Fernando Llorente juga masih gagal memaksimalkan kesempatan emas di menit 27.

Mendekati akhir laga, Xabi Alonso dan Sergio Busquets juga menguji peruntungan mereka lewat tendangan dari jarak jauh. Tapi skor hingga turun minum masih bertahan 0-0.

Babak II

Usai turun minum, pelatih Vicente Del Bosque melakukan sejumlah pergantian di skuat Spanyol dengan harapan bisa menambah daya gedor lini depan.

Sejumlah ancaman memang tercipta, tapi tak sampai menjebol gawang lawan. Malah gawan Victor Valdes kemasukan ketika laga memasuki menit ke-56.

Adalah Bernard Parker yang menjadi penakluk kiper Spanyol dan Barcelona itu dengan memaksimalkan umpan cantik Mokotjo Kamohelo. Skor 1-0 untuk Afrika Selatan.

Bukan Spanyol jika tak berusaha bangkit membalas. Xabi Alonso, Iniesta hingga Alvaro Negredo bergantian melepas tendangan ke arah gawang Itumeleng Khune, tapi gagal melewati garis gawang.

Upaya Spanyol tersebut terus berlanjut hingga masa injury time. Tapi tak ada gol lagi tercipta dan Spanyol harus menyerah kalah dengan skor 1-0.

Susunan Pemain
Afrika Selatan: Khune, Ngconga, Khumalo, Nthete, Matlaba, Furman, Jali, Manyisa, Claasen, Parker, Rantie
Spanyol: Casillas, Arbeloa, Albiol, Ramos, Monreal, Busquets, Alonso, Iniesta, Pedro, Llorente, Villa