oleh

Spanyol Menang Tipis 2-1 Atas Guinea Khatulistiwa

Spanyol langsung memberikan tekanan dan bahkan hampir unggul cepat ketika Jesus Navas melepaskan tembakan lob dari jarak jauh di menit kedelapan, namun kiper Guinea, Danilo, masih sigap dan mampu menepis bola keluar.

Namun, benteng pertahanan tuan rumah akhirnya runtuh lima menit kemudian, kali ini berkat kesalahan yang dilakukan oleh Danilo. Kiper Guinea tersebut salah mengantisipasi umpan silang Juan Mata dan membuat bola jatuh ke kaki Santi Cazorla yang kemudian menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Guinea mencoba bangkit dan berusaha memberikan tekanan tetapi mereka belum mampu menembus tebalnya pertahanan Spanyol. Justru La Roja yang kemudian mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol ketika Navas lolos dari jebakan offside, tetapi gelandang Manchester City itu menyiakan peluangnya setelah tembakannya masih melenceng.

Pada menit ke-36, sebuah kejutan terjadi ketika GUinea berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol didapat tim tuan rumah setelah Bermudez menaklukkan Pepe Reina dengan tandukan kerasnya memanfaatkan tendangan penjuru. Gol tersebut disambut dengan sangat meriah di setiap sudut stadion.

Namun, tujuh menit kemudian, skuat asuhan Vicente del Bosque mampu memberi reaksi sempurna dengan mencetak gol untuk kembali unggul dengan skor 2-1. Cazorla membuat kepanikan di lini belakang Guinea sebelum melepas umpan silang, Danilo mampu meninjunya tetapi bola hanya sampai ke kaki Juanfran yang kemudian menjebol gawang tim tuan rumah dengan tembakannya.

Di babak kedua, Spanyol melanjutkan dominasi mereka, sehingga memaksa Guinea melakukan tekel-tekel keras yang membuahkan kartu kuning. Bahkan, Jesus Navas, yang kerap menjadi target, harus ditarik keluar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Meski, tampil mendominasi Spanyol gagal menambah gol, begitu juga Guinea yang mengandalkan serangan balik. Kedudukan 2-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.