oleh

Skor Akhir Barcelona vs AC Milan 3-1

Babak Pertama

Seperti yang diperkirakan, Barcelona langsung mendominasi permainan dan memaksa AC Milan bertahan dengan delapan pemain dan menyisakan Kaka dan Robinho di lini depan.

Peluang pertama Blaugrana didapat setelah Neymar dijatuhkan Riccardo Montolivo tidak jauh dari kotak penalti. Namun, eksekusi Lionel Messi masih melayang di atas mistar yang dikawal Cristian Abbiati.

Skuat asuhan Tata Martino terus mengurung Milan dan mendapatkan beberapa peluang melalui Alexis Sanchez, namun pemain asal Cili tersebut masih belum menemukan keberuntungannya untuk dapat menjebol gawang tim lawan.

Penantian Barcelona akhirnya terhenti satu menit jelang laga berjalan setengah jam, Ignazio Abate melakukan kesalahan dengan melanggar Neymar di kotak terlarang sehingga memaksa wasit memberikan hadiah penalti untuk Barca. Messi tidak menyiakan peluang tersebut untuk membawa timnya unggul 1-0.

Messi memiliki peluang untuk mencetak gol keduanya sepuluh menit kemudian, pemain asal Argentina itu mengobrak-abrik pertahanan Milan sebelum melepaskan sontekan di dalam kotak penalti yang mampu mengelabui Abbiati, tetapi bola berhasil dihalau oleh Mexes.

Beberapa saat kemudian, Barcelona akhirnya berhasil memperlebar keunggulan menjadi 2-0. Memanfaatkan tendangan bebas Xavi, Sergio Busquets yang tidak terkawal menjebol gawang Abbiati melalui tandukannya.

Keunggulan dua gol tim tuan rumah tampak akan bertahan hingga jeda, tetapi serangan terakhir Milan berhasil membuahkan gol setelah umpan tarik Kaka salah diantisipasi oleh Pique sehingga tercipta gol bunuh diri. Paruh pertama ditutup dengan skor 2-1.

Babak Kedua

Pada paruh kedua, masuknya Mario Balotelli membuat serangan AC Milan semakin hidup dan skuat asuhan Massimiliano Allegri tersebut mampu memberikan perlawanan yang lebih kuat lagi daripada 45 menit pertama.

Peluang pertama Balotelli tercipta ketika laga baru berjalan lima menit, eks pemain Manchester City itu menerobos melalui sisi kiri pertahanan Barca sebelum melepaskan tembakan yang masih dapat diantisipasi oleh Valdes.

Kedua tim terus silih berganti menyerang, Barcelona hampir memperlebar keunggulan di menit ke-59 melalui tembakan Andres Iniesta di luar kotak penalti yang masih bisa ditepis dengan susah payah oleh Abbiati. Empat menit kemudian, umpan Balotelli di kotak penalti masih belum bisa dimaksimalkan oleh Kaka.

Di menit ke-73, Neymar menunjukkan kualitasnya dengan melewati empat pemain untuk menembus kotak penalti Milan, namun sayang penyelesaian akhirnya masih melebar sehingga gagal mencetak gol pertamanya di Liga Champions.

Satu menit berselang, giliran pertunjukan kombinasi Messi, Neymar dan Sanchez yang diperlihatkan. Sanchez mengakhirinya dengan tembakan keras yang berhasil ditepis dengan gemilang oleh Abbiati sehingga kedudukan 2-1 masih bertahan.

Benteng Milan akhirnya runtuh di menit ke-83, umpan satu dua Messi dan Cesc Fabregas membuat pemain asal Argentina itu berhadapan langsung dengan Abbiati dan kemudian dengan mudah mengelabui kiper veteran itu untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Barcelona terus menekan Milan di sisa waktu paruh kedua, namun tidak ada gol tambahan tercipta sehingga kedudukan 3-1 menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Susunan Pemain

Barcelona: Valdés; Alves, Piqué, Mascherano, Adriano; Busquets, Xavi ,Iniesta; Alexis, Messi, Neymar.

AC Milan: Abbiati; Abate, Zapata, Mexes, Emanuelson; Poli, Montolivo, De Jong, Muntari; Kakà, Robinho