oleh

Sempat direbut Atletico Madrid, Barcelona kembali menduduki singgasana klasemen

Sempat direbut Atletico Madrid pekan lalu, Barcelona kembali menduduki singgasana klasemen pasca menghempaskan Sevilla 4-1, dalam lanjutan Liga BBVA Spanyol jornada 23, Senin (10/2) dini hari WIB.

Dwi gol Lionel Messi dan masing-masing satu dari Alexis Sanchez serta Cesc Fabregas membuyarkan keunggulan tuan rumah di awaal laga, melalui sepakan keras Alberto Moreno.

Babak Pertama

Sevilla yang bertindak sebagai tuan rumah tampil begitu percaya diri sejak menit pertama. Mereka pun mampu menguasai jalannya laga di separuh babak pertama. Ivan Rakitic jadi pemimpin timnya untuk unggul penguasaan lini tengah atas Barcelona.

Terus melancarkan tekanan pada klub adidaya Spanyol itu, Sevillistas Rojiblancos akhirnya membuka skor di menit ke-15. Penetrasi luar biasa Rakitic dari sisi kiri pertahanan Barca, mampu dikonversi dengan sempurna oleh Alberto Moreno. Sepakannya yang terdefleksi Montoya tak mampu dihadang Victor Valdes.

Barca tak langsung bangkit setelahnya, mereka seakan terlena dengan permainan ciamik kubu tuan rumah. Namun hal itu tak berlangusung lama. Kreativitas Lionel Messi dan Andres Iniesta memang jadi pembeda di laga ini.

Alhasil mereka sanggup menayamakan keadaan menjadi 1-1, lewat situasi set piece. Sepakan bebas Messi berhasil ditanduk sempurna oleh Alexis Sanchez untuk membuat Beto mati langkah. Skor berubah 1-1 di menit ke-34.

Mampu menyamakan kedudukan, Barca tampak tampil lebih nyaman dan percaya diri. Berselang sepuluh menit dari gol Sanchez, Messi membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat sepakan kerasnya. Memanfaatkan situasi serangan balik, sodoran Pedro dengan indah disontek La Pulga untuk membuat gawang tuan rumah tekoyak.

Skor 2-1 kemudian jadi hasil akhir di paruh pertama.

Babak Kedua

Sevilla merespon babak penetuan dengan serangan bertubi. Mereka tak ingin malu  bertanding di hadapan publiknya sendiri kendati lawan yang dihadapi adalah Barcelona. Baru berjalan enam menit, Vitolo hampir saja menyamakan keadaan andai sepakannya tak ngawur, setelah melewati Montoya.

Berselang dua menit saja, dua peluang emas tuan rumah mampu digagalkan Valdes. Sepakan keras Carlos Bacca dari jarak 20 yard yang mental akibat tepisannya jatih ke kaki Kevin Gameiro. Spontan, striker Prancis itu melepaskan tembakan keras untuk meluncur ke gawang lawan, tapi ajaib! Valdes yang sudah mati langkah masih bisa menghadangnya dengan kaki!

Momen itu sepertinya membuat mental para punggawa Sevilla runtuh untuk menyamakan keadaan. Ya, Barca malah memperbesar keunggulannya lewat skema cepat yang dipimpin oleh Andres Iniesta.

Sodoran bolanya kepada Messi berhasil diselesaikan kapten Timnas Argentina itu untuk meluncur manis ke sarang Beto. Skor berubah menjadi 3-1.

Tempo serangan kemudian diturunkan anak-anak asuh Gerardo Martino, untuk mengurangi resiko kebobolan. Sevilla kemudian bisa melancarkan beberapa serangan berbahaya. Carlos Bacca jadi pemain paling rajin menghadirkan kans bagi tuan rumah.

Dua menit setelah jelang laga berakhir, pemain pengganti, Cesc Fabregas, memperbesar keunggulan Barca menjadi 4-1. Memanfaatkan umpan Alexis Sanchez, mantan kapten Arsenal itu mudah saja men-chip bola untuk mengecoh Beto.

Barca akhirnya mengakhiri laga dengan skor 4-1. hasil itu sekaligus membawa mereka kembali menduduki singgasana klasemen sementara Liga BBVA Spanyol.

Susunan Pemain

Sevilla: Beto; Diogo, Pareja, Fazio, Alberto Moreno; Iborra, Rakitic, Carriço, Vitolo; Gameiro, Bacca
Barcelona: Valdés, Montoya, Piqué, Xavi, Pedro, Iniesta, Alexis, Messi, Bartra, Song, Adriano