Satu Bulan untuk Hoeness Membela Diri


MUENCHEN, KOMPAS.com – Jaksa penuntut umum kota Muenchen diberitakan Fox Sports memberikan waktu satu bulan kepada presiden klub Bayern Muenchen Uli Hoeness untuk mengajukan banding. Sebelumnya, Selasa (30/7/2013), Hoeness dijatuhkan tuntutan perihal penggelapan pajak yang dilakukannya.

“Kami telah mengajukan tuntutan ke pengadilan Muenchen. Kini pihak tergugat punya waktu satu bulan untuk mengajukan banding,” jelas Ken Heidenreich selaku juru bicara jaksa penuntut umum.

Namun Heidenreich menolak membeberkan secara detail dugaan tersebut, dengan alasan hukum kerahasiaan.

Awal tahun 2013, Hoeness melaporkan sebuah rekening di Zurich, Swiss atas namanya sendiri. Ia diduga menyimpan jutaan euro dalam rekening tersebut selama lebih dari 10 tahun. Selain itu Hoeness juga disebut tidak membayar pajak perolehan.

Sejak pertama kali mencuat, kasus ini menjadi perhatian khusus publik Jerman. Bahkan Kanselir Angela Merkel pernah menyatakan kekecewaan pada Hoeness karena kasus ini. Apalagi, Hoeness bukanlah sosok sembarangan.

Selain menjabat presiden Bayern, ia pun pernah memperkuat tim nasional Jerman Barat dan Bayern. Bersama Bayern ia memenangkan European Championship tahun 1972, dan bersama Jerman Barat ia meraih gelar Piala Dunia 1974 serta tiga kali meraih gelar European Cup (sebutan awal Liga Champions).

Di bulan Mei, sempat tersiar wacana Hoeness akan meletakkan jabatannya sebagai presiden klub. Namun rencana itu ditolak dewan direksi Bayern. Klub Bayern sendiri menolak memberi komentar perihal kasus yang menimpa sang presiden.