oleh

Roberto Soldado Menangkan Tottenham (Lagi)


Tottenham berhasil memetik kemenangan kedua di Liga Primer Inggris 2013/14 setelah mengalahkan Swansea City di White Hart Lane.

Striker anyar Spurs, Roberto Soldado, kembali menjadi pahlawan setelah gol tunggalnya kembali membuahkan tiga poin. Uniknya, gol tersebut kembali didapat melalui eksekusi tendangan penalti, seperti saat pekan pertama ketika mengalahkan Crystal Palace.

Babak Pertama

Tottenham langsung tancap gas sejak awal pertandingan. Dua tendangan sudut diperoleh tuan rumah hanya dalam tempo waktu dua menit. Di menit ke-delapan, Paulinho memberi salam kepada Swansea melalui tembakan dari luar kotak penalti yang masih dapat diantisipasi Vorm.

Swansea City tidak mau kalah, berselang satu menit kemudian, Wayne Routledge yang memaksa Hugo Lloris melakukan penyelamatan.

Kedua tim tampak saling jual beli serangan, Spurs beberapa kali mencuri peluang melalui Paulinho, Etienne Capoue dan juga Jan Vertonghen, namun semuanya belum membuahkan hasil. Begitu juga dengan peluang Swansea yang diperoleh melalui tembakan Jonjo Shelvey di menit ke-26, yang masih belum dapat menaklukkan Lloris.

Tottenham mulai menghujani Swansea dengan tembakan di 20 menit terakhir paruh pertama, usaha Mousa Dembele, Paulinho, Andros Townsend dan Michael Dawson untuk memecah kebuntuan masih belum maksimal. Hal itu membuat kedua tim harus mengakhiri babak pertama dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Tottenham kembali menunjukkan agresivitas mereka dalam melakukan serangan demi memburu poin penuh di pertandingan ini. Peluang didapatkan oleh Townsend di menit ke-54, namun sepakannya masih melayang tipis di atas mistar Swansea.

Terus ditekan, Swansea akhirnya melakukan kesalahan fatal. Jonjo Shelvey melakukan pelanggaran terhadap Townsend sehingga Spurs mendapatkan hadiah tendangan penalti, dan Soldado yang menjadi algojo tidak menyiakan peluang itu untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0 di menit ke-58.

Swansea mencoba langsung bereaksi usai kemasukan, di menit ke-69, tembakan Pablo Hernandez masih melenceng tipis dari gawang Lloris. Dua menit kemudian, tendangan Chico Flores masih dapat diantisipasi oleh kiper timnas Prancis tersebut.

Tottenham akhirnya berhasil mempertahankan keunggulan satu gol atas skuat Michael Laudrup tersebut hingga wasit meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.