Rentetan hasil buruk masih belum bisa ditinggalkan Chelsea

Chelsea Takluk
UEFA Champions League_Chelsea v FC Basel, Eden Hazard, Kevin De Bruyne

Setelah kalah dari Everton, Chelsea kembali takluk saat menjamu Basel di ajang Liga Champions. Juara 2012 itu digasak dengan skor 2-1.

Hasil itu memperpanjang rentetan hasil buruk Chelsea di awal musim ini. Tekanan pun semakin terasa di skuat Chelsea atas hasil buruk tersebut.

Dengan kekalahan in, Chelsea untuk sementara harus berada di dasar klasemen Grup E tanpa mengantungi satu pun angka. Sementara Basel berada di tempat yang sebaliknya dengan tiga poin mereka.

Babak I

Chelsea mengawali laga di Stamford Bridge, Kamis (19/9) dinihari WIB, dengan perlahan tapi terus menekan. Basel dipaksa bertahan di daerah sendiri sejak menit pertama.

Tapi minim sekali peluang yang diciptakan skuat asuhan Jose Mourinho di 15 menit pertama. Pertahanan Basel masih terlalu tangguh untuk bisa ditembus para pemain Chelsea.

Mourinho pun sampai keluar dari ‘sarang’nya untuk memberikan instruksi secara langsung kepada anak asuhnya. Hasilnya, di menit 24, tercipta peluang untuk unggul.

Frank Lampard menguji peruntungannya dengan tendangan jarak jauh. Tapi bola masih keluar sasaran. Upaya Samuel Eto’o dua menit kemudian juga tak membuahkan hasil karena masih melebar.

Baru di menit 45 Chelsea bisa mencuri keunggulan. David Luiz mengirim umpan kepada Lampard, yang meneruskan kepada Oscar. Pemain asal Brasil itu pun melepas tendangan keras mendatar tanpa bisa digagalkan kiper Basel. Skor 1-0 pun menjadi hasil akhir di babak pertama.

Babak II

Usai turun minum, laga dimulai dengan tempo lambat. Kedua tim belum meningkatkan tensi permainan mereka.

Tapi, bukan berarti tanpa peluang. Basel di menit 53 nyaris menyamakan kedudukan setelah Diaz melepas tendangan mendatar ke arah gawang Cech. Tapi Ashley Cole berada di tempat dan waktu yang tepat untuk mengamankan bola.

Tiga menit kemudian, Oscar nyaris menggandakan keunggulan timnya jika saja bola hasil tendangannya tak mengenai mistar.

Oscar juga memberikan umpan kepada Eden Hazard untuk menguji peruntungannya di menit 62. Pemain asal Belgia itu masih gagal mengarahkan bola ke gawang lawan.

Di menit 71, Basel bisa menyamakan kedudukan. Memaksimalkan umpan Streller, Salah melepas tendangan kaki kiri yang menembus gawang Cech.

Sepuluh menit kemudian, Streller gantian menjebol gawag Chelsea. Penyerang Basel itu berhasil memaksimalkan umpan silang dengan sundulannya untuk membawa timnya memimpin 2-1 di menit 81.

Situasi ini memaksa Chelsea bermain lebih ngotot. Tapi hingga berakhirnya laga, skuat Mourinho dipaksa kembali menelan pil pahit kekalahan, mengingat sebelumnya di kompetisi domestik Liga Primer Inggris mereka juga mengalami kekalahan.

Susunan Pemain
CHELSEA: Petr Cech; Branislav Ivanovic, Gary Cahill, David Luiz, Ashley Cole; Marco Van Ginkel, Frank Lampard; Eden Hazard, Oscar, Willian; Samuel Eto’o
Pengganti: Mark Schwarzer, Cesar Azpilicueta, John Terry, John Obi Mikel, Kevin De Bruyne, Juan Mata. Demba Ba.

BASEL: Yann Sommer, Behrang Safari, Ivan Ivanov, Fabian Schar, Kay Voser, Fabien Frei, Valentin Stocker, Marcelo Diaz, Mo Salah, Giovanni Sio, Marco Streller.
Pengganti: Germano Vallati, Phillip Degen, Arland Ajeti, David Degen, Matias Delgado, Gaston Sauro, Taulant Xhaka.