oleh

Real Madrid Petik Tiga Poin Di Markas Valencia, skor akhir 3-2

Real Madrid sukses mencuri tiga poin penuh usai membungkam tuan rumah Valencia 3-2 dalam lanjutan Primera Liga Spanyol di Mestalla, Senin (23/12) dinihari WIB.

Dengan kemenangan ini, Los Blancos mengumpulkan 41 poin dan bisa menjaga peluang terus mendekatkan jarak dengan Barcelona dan Atletico Madrid yang ada di peringkat pertama dan kedua klasemen sementara. El Real masih tertinggal lima poin dari dua sang rival. Sementara itu, Los Cheada di peringkat ke-11 dengan raihan 20 poin.

Babak Pertama

Real Madrid langsung tampil menekan di awal babak pertama. Mereka memiliki sebuah peluang bagus di menit keenam ketika pergerakan Cristiano Ronaldo di sisi kiri mampu dilanggar Feghouli. Tendangan bebas dilakukan Xabi Alonso, namun sundulan Sergio Ramos yang diteruskan dengan sepakan Angel Di Maria, bisa diblok.

Peluang bagus kembali didapatkan Los Blancos ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-20. Karim Benzema mampu memanfaatkan passing buruk oleh Victor Ruiz dan bola kemudian mengarah pada Ronaldo yang ada di luar kotak penalti. Sang bintang asal Portugal itu berusaha melepaskan tendangan, namun masih menyamping.

Tiga menit berselang, Ronaldo kembali mengancam. Sang striker memiliki ruang di dalam kotak penalti sebelum bisa dipotong oleh Ruiz, dan peluang tersebut bisa diblok.

Real Madrid akhirnya bisa unggul pada menit ke-28 lewat Di Maria. Melewati dua bek lawan, pemain asal Argentina itu melepaskan tembakan ke pojok gawang, dan bola tidak mampu dijangkau kiper Valencia Guita.

Enam menit kemudian, tuan rumah bisa menyamakan kedudukan. Sundulan Pablo Piatti yang memanfaatkan crossing Juan Bernat mengarah ke pojok gawang. Pemain asal Argentina itu mampu memenangi duel udara dengan Ramos.

Ronaldo kembali membawa Real Madrid unggul kembali pada menit ke-40. Crossing fantastis Di Maria mampu diteruskan dengan sundulan kepala sang striker, meski dalam tayangan ulang terlihat ia sudah dalam posisi off-side.

Babak Kedua

Valencia membutuhkan gol lagi untuk bisa tetap bersaing dengan Real Madrid di pertandingan ini.

Tendangan bebas Benzema pada menit ke-57 sempat membahayakan pertahanan lawan, namun ada Oriol Romeu yang bisa membuang bola dari tekanan Ronaldo. Sepak pojok dilakukan Di Maria, namun bisa diantisipasi Jeremy Mathieu.

Tiga menit berselang, Real Madrid memiliki peluang bagus. Kombinasi apik Marcelo dan Ronaldo membuahkan sebuah umpan matang kepada Benzema di luar kotak penalti, namun sepakan pemain asal Prancis itu masih menyamping ke samping gawang. Beberapa saat kemudian, giliran Valencia yang sempat mengancam, namun crossing mendatar Bernat bisa diantisipasi kubu Real Madrid.

Dua menit kemudian, Valencia nyaris menyamakan kedudukan. Pergerakan apik Bernat dengan melewati dua bek Real Madrid membuahkan umpan kepada Piatti, namun crossing-nya bisa diblok Ramos.

Gol yang ditunggu-tunggu tuan rumah untuk menyamakan kedudukan akhirnya datang pada menit ke-62. Mathieu mampu mengalahkan Ramos dalam duel udara untuk menyambut umpan sepak pojok dengan sundulan kepalanya.

Enam menit kemudian, peluang emas didapatkan Valencia. Tendangan keras Jonas dari luar kotak penalti tidak mampu ditangkap dengan sempurna oleh Diego Lopez, namun sang kiper akhirnya bisa menangkap bola ketika pemain lawan berusaha akan menyambar di dekat pojok gawang.

Valencia kemudian lebih banyak mendominasi permainan. Peluang bagus mereka dapatkan lagi pada menit ke-79. Jonas mampu mendapatkan ruang di dalam kotak penalti Real Madrid sebelum berduel dengan Ramos, namun sepakannya masih menyamping.

Gol penentu kemenangan Real Madrid akhirnya tercipta pada menit ke-82 lewat aksi Jese Rodriguez. Pergerakannnya di sisi kiri pertahanan lawan diteruskan dengan sepakan mendatar, dan bola masuk ke gawang. Terlihat Guita melakukan kesalahan karena tidak mampu mengantisipasi bola tersebut.

Susunan Pemain:

Valencia Starting XI: Guaita; Pereira, Ruiz, Mathieu, Feghouli; Parejo, Romeu; Bernat, Piatti, Cartabia; Jonas.

Real Madrid Starting XI: Lopez; Arbeloa, Nacho, Ramos, Marcelo; Alonso, Modric; Di Maria, Isco, Ronaldo; Benzema.