oleh

Raheem Sterling Bermain Gemilang Bawa Liverpool Menang 2-1 Southampton

www.news7up.com – Liverpool mengawali petualangan mereka di Liga Primer Inggris 2014/15 dengan hasil memuaskan setelah sukses mengungguli Southampton dengan skor tipis 2-1, Minggu (17/8).

Bermain di bawah terik matahari Anfield, Liverpool unggul terlebih dulu via Raheem Sterling di babak pertama. Southampton lalu bangkit di babak kedua dan berhasil membuat Nathaniel Clyne mencetak gol penyama. Namun, Daniel Sturridge akhirnya hadir sebagai penentu tripoin perdana The Reds di musim baru ini.

Babak Pertama

Kekalahan 1-0 di Anfield dari lawan yang sama pada musim lalu tampaknya menjadi pemicu bagi Liverpool untuk langsung tampil menggebrak di awal laga. Terbukti, penguasaan bola sempat menyentuh angka 70 persen dalam 20 menit pertama. Peluang bagus pun langsung tercipta di menit ke-7 ketika Daniel Sturridge melepaskan tembakan luar kotak penalti yang masih menyamping tipis.

Tujuh menit berselang, Liverpool sempat merengek meminta penalti kepada wasit Mark Clattenburg setelah Sturridge tampak terjatuh oleh ganjalan Maya Yoshida di ujung kotak penalti, namun tak digubris. Pada akhirnya, tekanan yang dilakukan Liverpool akhirnya berbuah hasil di menit 23 melalui transisi bertahan ke menyerang yang sangat cepat.

Adalah Jordan Henderson yang mengawali gol ini ketika ia merebut bola dari wilayah pertahanannya sebelum secara cerdik memberikan operan lambung kepada Raheem Sterling yang berlari ke kotak penalti. Dengan kontrol yang baik, sambil diapit duo bek Southampton, Sterling mampu menuntaskan peluang emas ini untuk membawa Liverpool unggul 1-0.

Tim tamu lalu berbalik dominan di 15 menit terakhir. James Ward-Prowse sempat membuat publik Anfield berdebar di menit 34 ketika tendangan bebas dari pinggir kotak penalti mampu melengkung tepat ke arah pojok gawang Liverpool. Untungnya, Simon Mignolet hadir untuk mengantisipasinya.

Mignolet lalu kembali harus berjibaku di masa injury time setelah menghalau sepakan jarak jauh Morgan Schneiderlin. Liverpool lalu melakukan serangan balik dan berhasil melepaskan tembakan on target yang masih bisa ditangkis Fraser Forster. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 tetap bertahan.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, Southampton mulai berani keluar menyerang di babak kedua dan nyatanya langsung membuahkan hasil di menit 56. Nathaniel Clyne menusuk dari sayap kanan, melakukan one-two dengan Dusan Tadic, dan melepaskan tembakan kencang yang gagal dijangkau Mignolet. Anfield pun terbungkam dengan gol penyama 1-1 ini.

Kredit khusus diberikan kepada Tadic yang memberikan assist tersebut dengan tumitnya. Pemain anyar Southampton yang direkrut dari Twente itu kembali menunjukkan aksinya di menit 69 ketika ia melakukan trik stepover sebelum crossing-nya berhasil diklaim Mignolet. Beberapa menit sebelumnya, Southampton nyaris membalikkan keadaan ketika sepakan Steven Davis dari dalam kotak penalti masih bisa ditangkap Mignolet.

Liverpool di 25 menit babak kedua ini terlihat kurang bertaji ketimbang Southampton. Jarang sekali tim tuan rumah terlihat sukses menembus rapatnya pertahanan Southampton yang tampil dengan pressing ketat. Namun, masuknya Joe Allen dan Rickie Lambert sukses membuat konsentrasi bek-bek The Saintsterpecah seiring The Reds sukses mengembalikan keunggulan di menit 79.

Berawal dari crossing Javier Manquillo yang berhasil dihalau ke udara, Sterling lalu memberikan operan menggunakan kepalanya kepada Sturridge. Penyerang timnas Inggris berada di saat yang tepat, yakni lolos dari jebakan off-side, untuk menyontek pelan umpan itu. Gol yang mengubah kedudukan 2-1 ini turut disambut dengan selebrasi Brendan Rodgers yang berlari kegirangan di tepi lapangan.

Southampton lalu mengurung pertahanan Liverpool di sepuluh menit terakhir dan dua kali hampir menyamakan skor via Ward-Prowse dan Morgan Schneiderlin. Bahkan, sepakan Schneiderlin di menit 87 sempat mengenai mistar. Hingga injury time empat menit, kedudukan 2-1 untuk kemenangan tuan rumah tidak berubah.

Susunan Pemain :

Liverpool (4-3-2-1): Mignolet; Johnson, Skrtel, Lovren, Manquillo; Gerrard, Lucas (Allen 63′), Henderson; Coutinho (Lambert 76′), Sterling; Sturridge.

Cadangan : Jones, Toure, Sakho, Ibe, Can

Southampton (4-2-3-1): Forster; Clyne, Fonte, Yoshida, Bertrand; Wanyama, Schneiderlin; S Davis (Isgrove 82′), Ward-Prowse, Tadic (Long 74′); Pelle.

Cadangan: K Davis, Taider, Cork, Hooiveld, Stephens