oleh

PREVIEW Semi-Final Piala AFC 2014: Persipura Jayapura – Al Qadsia

www.news7up.com – Persipura Jayapura akan memainkan pertandingan leg kedua babak semi-final Piala AFC 2014 dengan menjamu Al Qadsia di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (30/9) siang WIB.

Laga tersebut dipastikan akan menjadi ujian berat bagi skuat Mutiara Hitam demi menggapai ambisi lolos ke partai final, mengingat di pertemuan pertama menelan kekalahan 4-2 di markas klub raksasa Kuwait tersebut.

Hasil kemenangan dua gol tanpa balas atas Qadsia memang akan mampu mengantarkan klub kebanggaan masyarakat Papua untuk melenggang ke fase puncak, namun meski begitu mereka tetap harus mewaspadai ancaman lawan yang memiliki reputasi sebagai dua kali finalis turnamen tersebut.

Pelatih Persipura, Jacksen F.Tiago tetap menyuarakan optimisme timnya untuk dapat memetik hasil maksimal dan menyebut tak memiliki kendala jelang duel menentukan itu, “Kami menargetkan untuk lolos ke final. Latihan berjalan baik dan tidak ada kendala, hanya Bio [Paulin] dan Boaz [Solossa] masih terkendala kebugaran fisik.”

Lebih lanjut juru taktik asal Brasil itu mengaku tetap mewaspadai kekuatan kubu lawan dan enggan hanya terfokus pada sosok Danijel Subotic yang tampil impresif dalam laga leg pertama lalu dengan gelontoran dua gol yang dicetak ke gawang Yoo Jae-Hoon.

“Staf pelatih punya pandangan berbeda, memang salah satu di antaranya adalah [Danijel] Subotic. Tapi kami menyiapkan secara menyeluruh untuk melawan Al Qadsia dan mewaspadai pemain lainnya,” terang Jacksen.

Di lain pihak, pelatih Al Qadsia, Antonio Puche Vicente mengakui bahwa lawatan ke Jayapura tidaklah mudah namun hal tersebut tidak membuat keyakinan mereka untuk melaju ke laga final berkurang. Peluang The Royals untuk mencapai target cukup besar, mengingat hasil imbang sudah cukup untuk membawa mereka melaju ke partai puncak.

“Secara keseluruhan tim ini sudah siap. Akan tetapi kami tetap memandang Persipura adalah lawan yang menyulitkan terutama ketika mereka bermain di hadapan publik sendiri, untuk itu saya katakan ini akan menjadi pertandingan yang fantastis,” ujar pria asal Spanyol tersebut.

Kondisi fisik masih menjadi kendala klub asal Kuwait tersebut, bek Abdullah Shehu dan gelandang Talal Al-Amer tercancam tak bisa tampil akibat kebugaran kedua pemain tersebut tidak terlalu bagus meski masuk ke dalam daftar pemain yang dibawa ke Indonesia.

Prakiraan susunan pemain:

Persipura: Yoo Jae-Hoon; Yohanis Tjoe, Tinus Pae, Bio Paulin, Ruben Sanadi, Gerald Pangkali, Lim Jun-Sik, Robertino Pugliara, Ian Louis Kabes; Titus Bonai, Boaz Solossa.

Al Qadsia: Nawaf Al Khaldi; Abdulrahman Alenezi, Fahd Al-Ansari, Khaled Alqahtani, Alvaro Silva; Saleh Al Sheikh, Abdulaziz Mashan, Fahad El Ebrahim, Saif Alhashan; Bader Al Mutwa, Daniel Subotic.