oleh

Prediksi Skor Pertandingan Manchester United vs Everton

Manajer Manchester United David Moyes akan berhadapan dengan mantan klubnya untuk kali pertama ketika Everton bertandang ke Old Trafford dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (5/12) dini hari WIB.

Moyes mengambil alih pekerjaan di Old Trafford dari Sir Alex Ferguson pada 1 Juli setelah 11 tahun menghuni Goodison Park, yang mana ia sebelumnya sukses menempatkan klub asal Merseyside tersebut sebagai tim papan tengah Liga Primer.

Siaran Langsung
Kamis, 5 Desember
02:45 WIB

Pria Skotlandia itu mendapati awalan yang berat di United, dengan hanya memenangi tiga dari delapan partai pembuka di liga kasta tertinggi, namun kini tak terkalahkan di 12 pertandingan di semua kompetisi, yang kurang lebih berlangsung selama dua bulan.

Finis di luar empat besar tentu takkan bisa diterima oleh sang juara bertahan. Namun kini United hanya berjarak tiga poin dari rival sekotanya Manchester City, yang menghuni urutan ketiga.

Mereka sempat mengejar ketertinggalan sebanyak dua kali untuk kemudian menahan imbang Tottenham Hotspur 2-2 di laga pekan kemarin, dengan dua gol dicetak oleh striker Wayne Rooney.

Rooney sendiri telah mengemas 10 gol dari 16 partai terakhir buat klubnya di musim ini, dan performa apiknya membuat Moyes sedikit bernafas lega mengingat Robin van Persie masih harus menepi karena cedera jari kaki dan kunci paha.

Manajer United itu berharap untuk menang melawan Everton, dan mereka pun bertekad menampilkan respon yang cepat guna menjaga persaingan dengan pimpinan klasemen Arsenal, yang unggul sembilan poin atas The Red Devils.

“Kami harus memenangkan semua laga kami. Saya khawatir kita tidak sedekat yang kita inginkan [dengan Arsenal], namun ini adalah musim yang panjang dan mudah-mudahan kita bisa menggapai peringkat atas ataupun mendekatinya,” ujar Moyes kepada MUTV.

“Ada banyak laga yang bakal dilangsungkan. Saya pikir Liga Primer adalah kompetisi yang ketat dan kami hanya harus mencoba untuk tetap bersatu dan menempatkan diri kami di posisi yang bagus pada awal tahun baru.”

Gelandang Michael Carrick (betis) takkan bisa diturunkan untuk United, sementara Everton tanpa diperkuat Leighton Baines (jari kaki), Arouna Kone dan Darron Gibson (lutut). Absennya Baines tentu akan menjadi pukulan, namun The Toffees kini berada di performa yang bagus dan menduduki urutan kelima serta tidak terkalahkan dalam enam partai terakhir.

Mereka sempat membantai Stoke City 4-0 di laga akhir pekan kemarin dan kiper Tim Howard sukses mencatat empat clean sheets di lima partai terakhirnya.

Pemain pinjaman Chelsea Romelu Lukaku telah mencetak delapan gol dari 10 penampilannya sejak tiba di Goodison Park, dan pemuda asal Belgia itu merupakan pemain penting untuk tim arahan Roberto Martinez.

Everton juga memiliki rekor yang lumayan saat melawan United dalam beberapa tahun terakhir, dengan memenangi dua dari tujuh pertemuan dan imbang dua kali. Sementara, The Red Devils belum lagi merasakan kekalahan dari Everton dalam 20 perjumpaan, dan bahkan mampu mengemas kemenangan 2-0 musim lalu berkat gol-gol dari Ryan Giggs dan Van Persie.

KEMUNGKINAN LINE-UP

 


MANCHESTER UNITED


De Gea
Smalling, Vidic, Evans, Evra
Cleverley, Fellaini
Valencia, Kagawa, Welbeck
Rooney

EVERTON
Everton
Howard
Coleman, Jagielka, Distin, Oviedo
McCarthy, Barry
Mirallas, Barkley, Pienaar
Lukaku
TAHUKAH ANDA?

 

  • Everton belum pernah menang dalam 20 partai tandang Liga Primer mereka di Old Trafford (W0 D4 L16).
  • Robin van Persie sukses mengemas enam gol dan limaassists di 10 partainya saat bertemu Everton.
  • Everton baru menang dua kali dari 14 partai tandangnya (W2 D7 L5), namun dua kemenangan tersebut mereka raih di musim ini.
  • Gelandang Belgia Marouane Fellaini menjaringkan 25 gol liga untuk Everton, termasuk tiga di pertemuan melawan Manchester United.
  • Terakhir kali Romelu Lukaku bertemu Manchester United, ia mencatat sebuah hat-trick bagi West Brom di laga terakhir Sir Alex Ferguson sebagai manajer.
  • Romelu Lukaku adalah salah satu dari tiga orang pemain yang mampu menorehkan hat-trickke gawang United (setelah Dirk Kuyt dan David Bentley) di era Liga Primer.
  • Manchester United mencetak gol lebih banyak saat bertemu Everton ketimbang tim lainnya dalam sejarah Liga Primer (84).
  • David Moyes menang 173 kali dan kalah 131 kali dari 427 partainya di Liga Primer sebagai manajer Everton sebelum bergabung dengan United di musim panas. Ia bahkan tidak pernah mengantarkan Everton menang di Old Trafford saat masih menjadi bos The Toffees.
  • Everton menjadi tim yang paling pelit dalam mengizinkan klub lain melakukan shots on target di laga tandang (16).
  • Wayne Rooney telah mencetak 149 gol di Liga Primer untuk United. Hanya Thierry Henry yang mampu mencetak gol lebih banyak (175) ketimbang dia bagi sebuah klub (Arsenal).

Prediksi : Manchester United 3 – 2 Everton