oleh

Prediksi Pertandingan Bola Indonesia vs Cina 1-0

Lanjutan kualifikasi Piala Asia 2015 grup C akan kembali pertemukan Cina sebagai tuan rumah, menjamu Indonesia dengan predikat juru kunci klasemen sementara, di stadion Shaanxi, Xi’an, Jumat 15 November pukul 18.00 WIB. Keduanya masih memiliki peluang untuk lolos, walau untuk Indonesia yang baru

Siaran Langsung
Jumat, 15 November
18:30 WIB

SCTV

mendapat satu poin tentu memiliki peluang lebih kecil dari Cina yang sudah mengemas empat poin dan duduk di posisi dua klasemen.

Indonesia sesungguhnya tak begitu cukup persiapan semenjak awal kualifikasi Piala Asia 2015 dimulai, kurangnya uji coba dan bongkar pasang pemain serta pelatih turut menjadi faktor dari rentetan hasil mengecewakan di dua laga pertama, Indonesia harus takluk kala bertandang ke Irak 1-0 di bulan Februari, lalu kandas 2-1 oleh Arab Saudi di kandang sendiri pada bulan Maret.

Namun hasil imbang yang diperoleh pada pertemuan pertama dengan Cina di stadion Gelora Bung Karno memberi optimisme tersendiri, Jacksen Fereirra Tiago pun merasakan timnas Garuda mengalami peningkatan secara bertahap lewat latihan yang terus dilakukan. Kekompakan Indonesia yang mulai tumbuh pun terlihat pada saat berhasil menumbangkan Kyrgyzstan dengan skor mencolok 4-0 di GBK (1/11).

Pada kemenangan tersebut muncul aktor baru dalam skema racikan Jacksen, Hasyim Kipuw di plot untuk gantikan performa mengecewakan Yustinus Pae disisi kanan pertahanan, Ahmad Jufriyanto yang lebih bertipe bertahan gantikan Slamet Nurcahyo yang tak memuaskan kala harus membuka ruang bagi Greg Nwokolo dan Boaz Solossa pada saat melawan Cina. Dan yang terakhir adalah dua nama yang merebut perhatian yakni Zulham Zamrun dan Samsul Arif Munip, keduanya padu di lini depan dan menjadi aktor kemenangan atas tim lemah Kyrgyzstan.

Bukan hanya lakukan persiapan secara permainan, timnas Indonesia pun coba biasakan diri pada suhu dingin yang tak bersahabat bagi orang Indonesia. Timnas bertolak sejak sembilan November lalu ke Korea Utara untuk melakukan proses aklimatisasi terhadap cuaca dingin, dan sempat melakukan uji coba dengan klub April 25 Sports Club, yang mana timnas harus tunduk 2-0.

Bagi Cina sebagai tuan rumah tentu lebih diunggulkan, Cina selalu mampu lolos ke putaran final Piala Asia semenjak tahun 1976. Rekor pertemuan mereka dengan Indonesia pun sangat bagus, Cina mampu menang delapan kali, dimana mereka mampu mencetak 32 gol ke gawang Indonesia dan hanya kejebolan sebiji gol. Terakhir kali Cina ditahan imbang oleh Indonesia (sebelum pertemuan di GBK) adalah 56 tahun lalu.

Hasil imbang kala bertandang ke GBK lalu ternyata menuai kritik keras, Cina dinilai sangat mengecewakan kala bermain imbang 1-1 di GBK, bahkan para media Cina menilai mereka nyaris saja kalah bila Greg bisa menyempurnakan peluang emas di penghujung laga, dan menilai Cina sudah terhantam jika bukan karena penjaga gawang Zeng Cheng tampil kokoh.

Media Cina menilai mereka terlalu meremehkan lawan lemah seperti Indonesia, bahkan berkata “Mereka (timnas Cina) bermain layaknya Macan saat laga persahabatan, namun seperti cacing di laga formal,” kecam surat kabar Cina Bandao News.

Ya, Cina dibawah pimpinan pelatih interim Fu Bo saat ini sedang dalam tekanan, Cina memang mampu bermain bagus pada laga persahabatan bersama Fu Bo. Namun laga formal belum sekalipun mereka menangkan. Fu Bo yang pada awalnya mendapat dukungan agar dikontrak menjadi pelatih permanen, kini diragukan oleh publik Cina.

“Setelah gagal mengalahkan tim terlemah di grup C (Indonesia), bukan hanya tempat Cina di Piala Asia yang dalam bahaya, namun juga posisi Fu Bo sebagai pelatih,” kecam surat kabar CinaChongqing Morning Post.

Meski bertindak sebagai tuan rumah, Cina dalam tekanan yang lebih besar untuk menang. Publik mereka lebih keras terhadap penampilan buruk tim, dan ingin Cina melibas Indonesia di stadion Shaanxi guna melanggeng ke Australia 2015.

Sedangkan Indonesia tentu tak dalam tekanan sebesar Cina. Publik pecinta sepakbola negeri ini lebih pengertian dan sudah pasrah menerima kenyataan bahwa timnas tanpa persiapan serius sejak awal untuk benar-benar bisa ke putaran final di Australia. Tapi bila Indonesia bisa memanfaatkan tekanan pada kubu Cina dan memanfaatkan semua peluang yang ada, tentu bukan tak mungkin Cina bisa ditaklukan.

Sebelumnya, editor Goal Cina, Dapeng Liang, membeberkan kelemahan dan motivasi khusus pada kubu Cina jelang laga esok, apa motivasi tersebut? Simak disini.

Dan juga analisa terhadap ramuan yang tepat bagi Jacksen F Tiago di lini depan, selengkapnya.

PRAKIRAAN LINE-UP
CINA
  China PR
Zeng Cheng
Wu Xi, Zhang Linpeng, Feng Xiaoting, Rong Hao
Zhao Xuri, Zheng Zhi, Huang Bowen
Gao Lin, Yu Dabao, Zhang Xizhe

INDONESIA
Indonesia
I Made Wirawan
Hasyim Kipuw, Victor Igbonefo, M Roby, Ruben Sanadi
Raphael Maitimo, Ahmad Jufriyanto
Muhamad Taufiq, Ahmad Bustomi
Zulham Zamrun, Boaz Solossa

 


Prediksi : 
Indonesia 1-0 Cina