oleh

Prediksi Liga Inggris – Manchester United vs West Ham United

West Ham United akan bertandang ke Old Trafford dengan semangat tinggi sebagaimana mereka yang bertekad untuk memperburuk performa kandang Manchester United pada lanjutan Liga Primer, Sabtu (21/12) malam WIB.

Sang juara bertahan sebelum ini telah kalah dua kali di liga kasta tertinggi pada musim ini, yakni kala ditumbangkan Everton dan Newcastle United 1-0.

Siaran Langsung
Sabtu, 21 Desember
22:00 WIB

The Red Devills memang memenangkan partai liga terakhirnya, dengan membungkam Aston Villa 3-0 pekan lalu, namun masih tertinggal 10 poin di belakang sang pemuncak klasemen Arsenal.

Kesuksesan di Villa Park berada di tengah-tengah keberhasilan mereka di ajang Liga Champions dan Piala Liga dengan menjungkalkan Shakhtar Donetsk dan Stoke City, yang sedikit banyak mengangkat tekanan pada manajer David Moyes.

Namun perbaikan performa di Liga Primer jelas diutamakan oleh Moyes, yang bakal dimulai hari Sabtu ini. Untuk mewujudkannya, pria Skotlandia itu justru tengah mendapat masalah terkait kondisi striker Wayne Rooney.

Pemain internasional Inggris itu sempat ditinggal saat United merangkum kemenangan 2-0 di Stoke dengan kendala cedera kunci paha, dan rekan duetnya, Robin van Persie (paha), juga masih harus menepi.

“Dia [Rooney] memiliki kesempatan untuk bermain,” harap Moyes di hari Rabu kemarin.

Sementara itu, winger Ashley Young baru saja mencetak gol pertamanya sejak Mei 2012 di Britannia Stadium, dengan ia yang menjadi penampil brilian dan bahkan ditunjuk sebagai man of the match.

“Seketika saya menendangnya, saya merasa bola itu akan masuk,” ujarnya kepada MUTV. “Anda bisa melihat [kesenangan saya] dari cara saya berselebrasi; ini sudah berlangsung lama sejak saya mencetak gol terakhir!”

Young sendiri kiranya akan kembali diandalkan, dengan United yang juga berharap pada pulihnya bek Nemanja Vidic (cedera ringan), sekalipun pemain asal Serbia itu tidak dijamin bakal kembali menjadi starter.

Marouane Fellaini (punggung) mungkin juga akan kembali, namun gelandang Michael Carrick (betis) masih harus beristirahat.

Di sisi lain, West Ham bersiap menghadapi partai ini usai meraih kemenangan 2-1 atas Tottenham Hotspur di ajang Piala Liga pada pertengahan pekan ini.

Matt Jarvis dan Modibo Maiga sukses mencetak gol di 10 menit terakhir guna meloloskan mereka ke semi-final, yang mana bakal mengantar mereka untuk bertemu Manchester City.

Meski demikian, West Ham kini tengah terpuruk di ajang Liga Primer, dengan menempati urutan ke-17 dan hanya berjarak satu poin dari zona degradasi.

Klub asal London itu juga baru menang satu kali dari sembilan laga liga terakhirnya, dan hanya meraih enam poin dari delapan pertandingan di kandang lawan.

James Tomkins (kunci paha) tidak diturunkan di Tottenham dan mungkin akan kembali absen, sedangkan stiker Andy Carroll (engkel), Ricardo Vaz Te (bahu) dan Mladen Petric (betis) masih harus menepi.

Yang juga akan absen untuk West Ham adalah bek Winston Reid (engkel) serta winger Stewart Downing (betis), sebagaimana mereka yang mengincar kemenangan pertama di Old Trafford sejak 2007.

KEMUNGKINAN LINE-UP

 

MANCHESTER UNITED

De Gea
Rafael, Jones, Evans, Evra
Cleverley, Giggs
Valencia, Rooney, Young
Welbeck

WEST HAM UNITED

Jaaskelainen
Demel, Collins, McCartney, Rat
Noble, Collison
Diame, Morrison, Jarvis
Maiga
TAHUKAH ANDA?

 

  • Manchester United tidak terkalahkan dari sembilan laga liga terakhir mereka melawan West Ham, atau meraih delapan kemenangan beruntun sebelum bermain imbang 2-2 di Boleyn Ground pada musim lalu.
  • The Hammers gagal mencetak gol di enam dari delapan partai Liga Primernya melawan Manchester United.
  • Wayne Rooney sukses mencetak tujuh gol dari enam laga liga terakhirnya melawan West Ham.
  • West Ham meraih hasil imbang dengan skor 0-0 sebanyak lima kali musim ini, menjadi yang terbanyak di Liga Primer.
  • Manchester United belum lagi merasakan kekalahan di kandang sebanyak tiga kali secara beruntun sejak Desember 1978 hingga Februari 1979.
  • The Hammers baru menang sekali dari delapan partai tandangnya di Liga Primer musim ini (D3 L4), dengan gagal mencetak gol lima di lima pertandingan.
  • West Ham gagal mencetak gol di sembilan partai Liga Primer mereka musim ini – hanya lima tim dalam sejarah yang pernah merasakannya dari 16 laga pembuka.
  • United hanya mencetak delapan gol dari delapan partai kandangnya di Liga Primer pada musim ini, hanya empat klub yang lebih buruk dari mereka.

Prediksi : Manchester United 3-0 West Ham United