oleh

Prediksi Liga Inggris – Manchester City vs Arsenal

Ujian besar akan menghadang Arsenal, Sabtu (14/12) besok ketika mereka menyambangi markas Manchester City. Duel ini dipastikan bisa menjadi tes kelayakan bagi The Gunners untuk menegaskan diri sebagai calon terkuat juara Liga Primer Inggris musim ini.

Siaran Langsung
Sabtu, 14 Desember 2013
19:45 WIB

Tetapi, kesulitan tes ini dijamin tinggi lantaran laga akan diselenggarakan di Etihad Stadium, tempat paling angker di EPL musim ini. Armada Manuel Pellegrini menyapu bersih seluruh laga kandangnya dan dengan rekor gol yang mengagumkan, mencetak 29 gol dan hanya kemasukan dua gol saja.

Arsenal saat ini unggul lima poin di puncak klasemen. Andai penyerang Everton Gerard Deulofeu tak mencetak gol penyama skor pada akhir pekan lalu, margin Arsenal dengan peringkat kedua bakal lebih besar.

Mood Arsenal sedang kurang baik setelah takluk 2-0 dari Napoli dimatchday terakhir fase grup Liga Champions. Ini adalah kekalahan pertama mereka dalam tujuh laga terakhir. Meski kalah, Arsenal tetap lolos ke babak 16 besar untuk yang ke-14 kali secara beruntun.

Kekalahan di Italia membuat Arsenal hanya duduk di peringkat Grup F. Artinya, The North Londonersharus bersiap-siap menghadapi tim-tim kuat macam Barcelona, Real Madrid, Bayern Munich atau PSG di babak knock-out. Terlepas dari itu, Arsene Wenger berharap pemainnya tak kehilangan fokus pada laga akhir pekan ini.

Jika City jago kandang, maka sebaliknya Arsenal adalah jago tandang. Dari tujuh laga tandang di EPL musim ini, Arsenal baru kalah sekali, yakni saat takluk 1-0 dari Manchester United di Old Trafford pada awal November lalu. Sisanya berakhir dengan lima kemenangan dan sekali seri. Akankah The Gunners kembali takluk di kandang tim Manchester satunya?


Sama kuat | Musim lalu, duel kedua tim di Etihad Stadium berakhir 1-1.
Di pihak tuan rumah, City sendiri sedang dalam motivasi tinggi setelah berhasil melakoni comebackmelawan tuan rumah Bayern. Tertinggal 2-0, City mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2 atas sang juara bertahan Liga Champions. Meski pada akhirnya mereka gagal memuncaki Grup D, ini adalah kemenangan kelima City dalam enam laga terakhir di semua kompetisi. Mereka tentu dengan senang hati akan melanjutkan tren positif ini.

Andai mereka sanggup menumbangkan Arsenal, The Citizens bakal menipiskan jarak dengan rivalnya itu menjadi tiga poin saja. Untuk itu, Yaya Toure dan Sergio Aguero bakal diturunkan setelah absen di Allianz Arena. Pellegrini juga masih belum memastikan apakah posisi Joe Hart akan tetap dipertahankan di laga ini. Micah Richards dipastikan absen setelah menderita cedera hamstring lawan Bayern, sementara Gael Clichy diragukan tampil.

Di pihak tim tamu, kabar baik datang dari Lukas Podolski yang baru pulih dari cedera hamstring sejak Agustus lalu. Namun ia tidak akan dipaksakan langsung bermain di laga ini. Sementara Bacary Sagna dan Alex Oxlade-Chamberlain dipastikan masih akan absen. Aaron Ramsey, yang hanya diturunkan sebagai pemain pengganti kontra Napoli, dipastikan akan fit dan bermain sejak menit awal.


KEMUNGKINAN LINE-UP

 

MANCHESTER CITY

Indonesia

Pantilimon
Zabaleta, Demichelis, Kompany, Kolarov
Silva, Yaya Toure, Fernandinho, Nasri
Aguero
Negredo

ARSENAL



Szczesny
Jenkinson, Mertesacker, Koscielny, Gibbs
Arteta, Ramsey
Wilshere, Ozil, Cazorla
Giroud

TAHUKAH ANDA?

 

  • Hanya ada tujuh gol yang tercipta antara Manchester City versus Arsenal dalam enam laga terakhir di semua kompetisi.
  • City menjadi tim EPL paling produktif di kandang (memasukkan 29 gol) dan dengan pertahanan terbaik (kebobolan 2 gol). Sebaliknya, Arsenal tampil paling produktif saat tandang (memasukkan 14 gol) dan hanya kebobolan lima gol.
  • Ada enam kartu merah tersaji dalam enam duel terakhir. City mengumpulkan empat pengusiran sedangkan sisanya dimiliki Arsenal.
  • Dalam era EPL, Arsenal adalah tim tandang yang terbanyak mencetak gol di kandang City, yakni sebanyak 28 gol.
  • Dalam tujuh duel terakhir versus Arsenal di semua kompetisi, City kalah tiga kali dan hanya menang dua kali saat tampil di Etihad.
  • Tak ada tim selain Arsenal dan Chelsea yang paling banyak mengalahkan City sejak era EPL (21 kali). Arsenal juga yang paling banyak mengalahkan City di kandang (10 kali).
  • Kemenangan terakhir Arsenal di Etihad terakhir kali tercipta pada Oktober 2010 di mana Samir Nasri turut menyumbang gol bagi The Gunenrs. Ironisnya, gelandang Prancis itu kini berseragam City dan sedang dalam performa on fire: mencetak tiga gol dalam empat laga terakhir.

 

Prediksi : Manchester City 2-1 Arsenal