oleh

Piala Eropa 2016 Buruk Bagi Para Pemain Barcelona

Tujuh dari delapan wakil Barcelona di Piala Eropa terhenti sebelum babak semifinal.

news7up.com – Piala Eropa 2016 menjadi pencapaian terburuk sejak tahun 2000 bagi pemain-pemain yang memperkuat Barcelona. Memasuki babak semifinal, hanya satu pemain tersisa. Satu pemain Barcelona tersisa hanya kiper Marc Andre ter Stegen (Jerman). Itupun dia tak pernah bermain satu menit pun karena merupakan cadangan Manuel Neuer.

Total ada delapan pemain Barcelona yang tampil di Piala Eropa 2016 dengan membela lima negara berbeda. Tapi hanya posisi kiper (ter Stegen) yang bertahan hingga semifinal. Ini merupakan pencapain terburuk sejak Piala Eropa 2000.

Di Piala Eropa 2000, enam pemain Barcelona di timnas Belanda lolos ke semifinal, yakni Michael Reiziger, Ronald dan Frank de Boer, Philip Cocu, Boudewijn Zenden, dan Patrick Kluivert. Belanda akhirnya tersingkir setelah kalah adu penalti lawan Italia.

Di semifinal lainnya, ada satu pemain Barcelona yang memperkuat Portugal, Luis Figo. Tapi, lajunya juga terhenti setelah dikalahkan Prancis yang akhirnya menjadi juara. Empat tahun kemudian, pencapaiannya kurang lebih sama. Enam pemain Barcelona memperkuat timnas Belanda, yakni Michael Reiziger, Giovanni van Bronckhorst, Philip Cocu, Edgar Davids, Patrick Kluivert, dan Marc Overmars. Tim Oranye kalah di semifinal oleh tuan rumah Portugal di semifinal.

Tiga pemain Barcelona lainnya, Carles Puyol, Xavi, dan Gabri masuk dalam skuad Spanyol. Tapi, La Roja tak mampu lolos dari penyisihan grup.

Piala Eropa 2008, tiga pemain Barcelona masuk skuad Prancis, yakni Eric Abidal, Lilian Thuram, dan Thierry Henry. Prancis menjalani turnamen yang buruk karena tak lolos dari penyisihan grup. Tiga pemain lainnya masuk skuad Spanyol, yakni Carles Puyol, Andres Iniesta, dan Xavi. Mereka sukses membawa La Roja juara.

Di tahun 2012, tujuh pemain Barcelona masuk ke skuad Spanyol dan sukses mempertahankan gelar. Ketujuh nama tersebut adalah Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Xavi, Cesc Fabregas, dan Pedro Rodriguez.

Tahun ini, tujuh dari delapan wakil Barcelona di Piala Eropa terhenti sebelum babak semifinal. Pique, Alba, Busquets, dan Iniesta hanya mampu membawa Spanyol di babak 16 besar. Ivan Rakitic juga gagal membawa Kroasia ke perempatfinal, sementara Arda Turan tak mampu meloloskan Turki dari penyisihan grup. Thomas Vermalen kalah di perempatfinal setelah Belgia ditundukkan Wales.