oleh

Piala Dunia 2014 : Gol Dari Oscar dan Dede Taklukkan Zambia

Gol Dari Oscar dan Dede Taklukkan Zambia
Gol Dari Oscar dan Dede Taklukkan Zambia

Brasil meraih kemenangan empat kali secara beruntun setelah menaklukkan Zambia 2-0 dalam laga persahabatan pada Selasa (15/10) di Bird’s Nest Stadium, Beijing, China. Setelah hanya tampil imbang tanpa gol di babak pertama, Oscar hadir dari bangku cadangan untuk mencetak gol sebelum sundulan Dede memperbesar keunggulan Selecao.

Dalam laga yang bertempo sedang itu, Lucas Leiva kembali merumput bersama timnas setelah dua tahun tak tampil, sementara Alexandre Pato dan Lucas Moura juga diberikan kesempatan bermain oleh Luiz Felipe Scolari. Sementara di kubu Zambia, Patrice Beamulle menjadi pelatih interim tim jawara Piala Afrika 2012 itu setelah Herve Renard hengkang ke Sochaux.

Di babak pertama, sang tuan rumah Piala Dunia 2014 ini hampir unggul cepat ketika tendangan bebas Neymar membentur tiang gawang. Setelah itu, Ramires gagal memanfaatkan peluang meski tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Zambia Kennedy Mweene.

Zambia sendiri yang dikomandoi Emmanuel Mayuka tak punya banyak kesempatan di paruh pertama. Neymar kembali mendapat peluang di menit 37, namun sundulan bebasnya masih melebar setelah memanfaatkan umpan Maxwell. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Usai jeda, kembali Brasil tampak frustrasi seperti di babak pertama ketika banyak peluang yang gagal dikonversikan menjadi gol. Namun, di menit ke-59, kebuntuan itu terpecahkan lewat pemain pengganti Oscar. Gelandang Chelsea itu melewat Mayuka dari sisi kiri sebelum melepaskan tendangan keras yang terdefleksi oleh Chisambu Lungu dan bersarang di gawang Zambia.

Usai gol Oscar, Zambia yang sedang berbenah, langsung dikejutkan lagi oleh gol kedua Brasil di menit 66. Tendangan bebas Neymar berhasil disambut dengan sempurna oleh Dede lewat sundulan terukurnya. Brasil pun unggul 2-0. Di akhir babak, Oscar harusnya bisa memperbesar skor, sayang tendangannya tepat di dekapan Mweene.

Hasil ini merupakan kemenangan keempat beruntun Brasil di laga ujicoba sebagai pemanasan menjelang Piala Dunia tahun depan. November mendatang, mereka akan menjalani partai persahabatan lagi melawan Honduras yang dilangsungkan di Miami, Amerika Serikat.