oleh

Piala AFF U-19: Vietnam Permalukan Indonesia

Piala AFF U-19
Piala AFF U-19

Catatan sempurna tim nasional Indonesia U-19 di dua laga sebelumnya kandas setelah menelan kekalahan 2-1 dari Vietnam dalam laga Grup B Piala AFF 2013 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (14/9) malam WIB.

Hasil ini membuat Vietnam kini memuncaki klasemen sementara Grup B dengan nilai sempurna sembilan dari tiga pertandingan yang telah dilalui. Sedangkan Indonesia tetap berada di peringkat kedua dengan nilai enam dari tiga laga.

Indonesia dan Vietnam memperagakan permainan terbuka di pertandingan ini. Laga belum berjalan satu menit, publik di Stadion Gelora Delta sudah bersorak kegirangan, ketika menyaksikan tendangan jarak jauh Evan Dimas merobek gawang Le Van Truong.

Merasa kecolongan, Vietnam meningkatkan intensitas serangan mereka, dan memaksa libi belakang timnas U-19 harus bekerja keras menghalau bola menjauhi areal pertahanan yang bisa mengancam gawang Ravi Murdianto.

Ravi beberapa kali juga dipaksa melakukan penyelamatan untuk mementahkan peluang milik Vietnam. Sebelum laga berjalan 15 menit, Ravi dua kali mementahkan peluang Nguyen Cong Phuong yang mampu menerobos pertahanan timnas U-19, dan hanya berhadapan dengan sang kiper.

Vietnam makin mendominasi permainan, dan membuat Indonesia berada di bawah tekanan. Hasilnya, Vietnam mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-31. Sepak pojok Luong Xuan Truong dapat dituntaskan Pham Duc Huy untuk menanduk bola yang menjebol gawang Ravi.

Sukses menyamakan kedudukan membuat Vietnam makin percaya diri. Selang empat menit kemudian, Vietnam berbalik unggul memanfaatkan kelengahan barisan belakang Indonesia. Nguyen Van Toan lepas dari pengawasan bek-bek timnas U-19, dan selanjutnya menaklukkan Ravi. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Indonesia yang berusaha mengejar ketertinggalan di babak pertama langsung menggebrak pertahanan Vietnam. Peluang diperileh Dinan Javier pada menit ke-55, tapi sepakannya bisa dimentahkan Van Truong.

Jual-beli serangan pun dilakoni kedua tim. Vietnam membalas serangan Indonesia melalui Phong Hong Duy, namun sepakannya masih bisa ditinju Ravi.

Setelah tendangannya sempat melebar, Evan Dimas kembali melepaskan ancaman dari tendangan jarak jauh, namun dapat ditepis Van Truong saat pertandingan berjalan satu jam.

Kendati berusaha untuk menyamakan kedudukan, Indonesia tetap menemui kegagalan berkat solidnya pertahanan Vietnam. Hingga peluit panjang ditiupkan wasit, skor 2-1 tidak mengalami perubahan, dan Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam.