oleh

Piala AFF U-19: Imbangi Malaysia, Indonesia Ke Semi-Final

Indonesia
Indonesia

Tim nasional Indonesia U-19 akhirnya melangkah ke semi-final Piala AFF 2013 setelah bermain imbang 1-1 melawan Malaysia dalam laga pamungkas Grup B di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Rabu (18/9) malam WIB.

Tambahan satu angka ini membuat timnas U-19 menduduki peringkat dua klasemen akhir usai mengoleksi nilai sepuluh dari lima laga yang dijalani. Sedangkan Malaysia di peringkat ketiga dengan poin delapan.

Di semi-final, Indonesia akan berhadapan dengan Timor Leste yang memuncaki klasemen akhir Grup A. Sementara Vietnam yang menjadi pemuncak Grup B berhadapan dengan Laos.

Dalam pertandingan, timnas U-19 mengawali laga dengan tegang dan buruk, sehingga membuat Malaysia mempunyai kesempatan untuk melakukan tekanan ke pertahanan tuan rumah yang mendapat dukungan penuh dari fans.

Umpan-umpan lambung yang diterapkan Malaysia mampu merepotkan barisan pertahanan tim besutan Indra Sjafri tersebut. Kendati demikian, peluang yang diperoleh Malaysia tidak bisa dimaksimalkan.

Sempat terjadi insiden di menit ke-14 ketika terjadi pelemparan ke dalam lapangan yang dilakukan penonton saat Faris Rosli ingin melakukan sepak pojok. Bukan itu saja, sinar laser juga ditujukan kepada para pemain Malaysia.

Setelah sempat tertunda dua menit, laga kembali dilanjutkan. Malaysia akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-19 ketika umpan terobosan dari sektor tengah disambut M Jafri yang melewati I Putu Gede Juni Antara yang di laga ini diplot menjadi bek tengah. Jafri pun kemudian melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung kiper Ravi Murdianto.

Buruknya permainan Indonesia membuat mereka tidak bisa menciptakan peluang berbahaya di pertahanan Malaysia. Umpan-umpan pendek yang diharapkan muncul sama sekali tidak terlihat. Situasi ini tentunya menguntungkan Malaysia yang bisa fokus melakukan tekanan.

Permainan Indonesia masih belum ada perubahan berarti di babak kedua. Sedangkan Malaysia tetap bermain konsisten untuk mempertahankan keunggulan satu gol demi mewujudkan ambisi lolos ke semi-final.

Upaya Indonesia untuk menyamakan kedudukan yang bisa meloloskan mereka ke empat besar menemui hasil di menit ke-53. Tendangan keras Evan Dimas membentur tiang gawang, dan bola muntah langsung disambar Ilham Udin untuk menaklukkan kiper Syihan Hazmi.

Sukses menjebol gawang Malaysia menumbuhkan kepercayaan diri pemain tuan rumah. Permainan timnas U-19 mengalami peningkatan, dan tekanan demi tekanan dilancarkan ke pertahanan Malaysia. Hanya saja, penyelesaian akhir yang buruk membuat Indonesia tidak mampu mengubah papan skor hingga peluit panjang ditiupkan wasit.