oleh

Petr Cech Dukung Manuel Neuer Geser Iker Casillas Di FIFPro World XI

Petr Cech menyuarakan dukungan bagi Manuel Neuer untuk mengakhiri dominasi Iker Casillas sebagai kiper terbaik FIFA/FIFPro World XI.

Sudah lima tahun berturut-turut San Iker, penjaga gawang Real Madrid dan Spanyol, terpilih sebagai yang nomor satu di bawah mistar tim FIFPro World XI, dan untuk edisi 2013 pun Casillas kembali mengemuka di antara lima kandidat bersama Neuer, Gianluigi Buffon, Victor Valdes, dan Cech sendiri.

Tetapi, lewat kiprah istimewa Neuer bersama Bayern Munich yang meraup lima gelar sekaligus tahun ini, Cech berpendapat sudah saatnya Casillas menyerahkan takhta kepada orang Jerman itu.

“Bayern menjuarai liga, Liga Champions, mereka meraih treble, jadi saya menurut saya itu akan menjadi milik Neuer, yang mungkin mengakhiri dominasi Casillas, tapi saya selalu senang terpilih dalam lima teratas,” ujar Cech secara ekslusif.

“Sangat sulit untuk memilih siapa yang terbaik karena semua orang bermain di kompetisi dan liga berbeda, jadi sangat susah untuk memperbandingkan. Dapat terpilih di antara yang terbaik membuat saya sangat senang dan siapa pun yang memenanginya memang pantas,” terang kiper Chelsea asal Republik Ceko ini.

“Selalu menyenangkan mendapatkan pengakuan dari kolega sesama pemain profesional karena mereka memiliki pemahaman berbeda terhadap permainan dan itu menunjukkan bahwa mereka menghormati Anda, jati rasanya sungguh luar biasa. Daftar kandidat bukan salah satu hal yang mesti Anda tempati untuk mengetahui bahwa Anda bermain baik, tapi itu selalu menyenangkan.”

FIFPro World XI 2013 bakal diumumkan secara resmi pada 13 Januari tahun depan, bertepatan dengan seremoni Ballon d’Or.