oleh

Pemain yang bertanggung jawab atas kegagalan di Piala AFF 2014

www.news7up.com – Timnas Indonesia menuai hasil negatif dalam dua laga awal Grup A Piala AFF 2014. Seperti diketahui, pada laga pertama tim Merah Putih hanya bermain imbang 2-2 dengan Vietnam. Setelah itu, skuat yang dilatih Alfred Riedl itu harus menanggung malu lantaran kalah untuk pertama kalinya di ajang ini dari Filipina dengan skor telak 4-0.

Dengan demikian, peluang Indonesia untuk lolos ke babak semi-final sangat tipis. Sebagai pelatih, Alfred Riedl, pun telah menegaskan semua kegagalan itu menjadi tanggung jawabnya. Namun, bek timnas Indonesia, Zulkifli Syukur, merasa kegagalan ini bukan semua kesalahan Riedl.

“Yang pasti, kegagalan ini tidak seharusnya semuanya dilimpahkan ke Riedl sebagai pelatih. Memang, dia ngomong ke semua pemain yang bertanggung jawab dia, dia proteksi semua pemain. Tapi, tidak adil harus dia yang dikambing hitamkan. Kami pun pemain harus bertanggung jawab atas hasil yang kami raih. Jadi, semua yang ada di sini harus bertanggung jawab,” kata Zulkifli, usai berlatih bersama timnas, Rabu (26/11) pagi.

Indonesia sendiri masih menyisakan satu laga melawan Laos di Stadion Hang Day, Hanoi, Jumat (28/11). Pada laga itu, jika ingin lolos Indonesia paling tidak harus menuai kemenangan besar dengan selisih delapan gol. Itu pun dengan catatan Vietnam takluk dari Filipina.