oleh

Pemain Terbaik Bundesliga Spieltag 6: Mario Gotze

www.news7up.com – Menengok hegemoni mereka yang begitu dahsyat di Bundesliga, sukar dipercaya bahwa pada musim ini Bayern Munich dipaksa menunggu sampai pekan keenam buat mencicipi kemenangan pertama di markas lawan.

Telur itu pecah ketika Si Merah menyambangi RheinEnergieStadion untuk menguji kekokohan pertahanan tuan rumah Koln akhir pekan lalu. Bayern mengakhiri laga dengan keunggulan 2-0 atas tim promosi yang sebelumnya hanya menderita satu gol dalam lima spieltag pertama itu.

Nama Xabi Alonso ramai menghiasi headline menyusul rekor baru Bundesliga 204 sentuhan dalam pertandingan ini, tetapi gelar pemain terbaik — tak hanya untuk laga ini tapi juga untuk Spieltag 6 secara keseluruhan — pantas disandang Mario Gotze.

Setelah mengemas dua gol dalam kemenangan 4-0 atas SC Paderborn pada laga tengah pekan, Gotze melanjutkan performa rancaknya dengan terlibat dalam kedua gol Bayern ke gawang Timo Horn. Ia masuk papan skor untuk membuka keunggulan Bayern di babak pertama sebelum berandil dalam gol bunuh diri Daniel Halfar seusai interval.

Diposisikan sebagai penyokong duet penyerang Thomas Muller dan Robert Lewandowski, Gotze memiliki keleluasaan untuk mengkreasi serangan atau mengejutkan lawan dari lini kedua. Golnya di menit ke-19 menjadi bukti valid ampuhnya gebrakan Gotze.

Sebuah umpan matang Thomas Muller gagal disambut Lewandowski yang dikawal ketat bek tuan rumah, namun Gotze yang tak mendapat penjagaan langsung datang untuk menyodok masuk bola menaklukkan Horn.

Tak berselang lama Gotze nyaris membalas budi Muller dengan memberikan bola manis untuk dieksekusi sang rekan, tapi kali ini Horn beraksi gemilang untuk mementahkan peluang.

Pada pertengahan paruh kedua Bayern akhirnya sukses menambah keunggulan dengan Gotze terlibat dalam proses gol ketika sebuah umpan tariknya tak sengaja diceploskan Halfar ke dalam gawang sendiri di tengah desakan David Alaba.

“Mario adalah talenta menakjubkan, tapi dia tak benar-benar menunjukkan apa yang bisa dilakukannya musim lalu. Dia harus meningkatkan permainannya dan menjadi lebih konsisten,” itu perkataan Franz Beckenbauer pekan lalu.

Well, Gotze menjawab lugas karena kini ia telah mengemas empat gol dalam enam spieltag awal dan menjadi pemain tersubur Bayern sejauh ini. Pahlawan Jerman di final Piala Dunia 2014 ini juga mencatat umpan kunci paling banyak dalam laga melawan Koln dengan jumlah empat buah.

Berkat kegemilangannya, Bayern menambah keunggulan di pucuk klasemen menjadi dua angka dengan pesaing terdekat mereka berganti dari Bayer Leverkusen, yang tertahan imbang tanpa gol menghadapi Freiburg, menjadi Borussia Monchengladbach yang mengalahkan Paderborn 2-1. 


 

PEMAIN TERBAIK BUNDESLIGA
PEKAN KE PEKAN
 Spieltag 1: Julian Schieber (Hertha Berlin)
Spieltag 2: Hakan Calhanoglu (Bayer Leverkusen)
Spieltag 3: Andre Hahn (Borussia Monchengladbach)
Spieltag 4: Eric Maxim Choupo-Moting (Schalke 04)
Spieltag 5: Daniel Didavi (VfB Stuttgart)