oleh

Oscar Muluskan Langkah Chelsea

news7up.com – Chelsea mengalahkan tuan rumah Sparta Praha 1-0 di leg pertama babak 32 besar Liga Europa 2012/13. Gol tunggal The Blues diciptakan oleh Oscar di penghujung laga.

Dampak instan diberikan oleh Oscar di Generali Arena, rumah sang wakil Republik Ceko, Jumat (15/2). Tak sampai satu menit sejak masuk menggantikan Juan Mata, remaja Brasil itu membobol gawang Praha dan menempatkan timnya dalam posisi cukup nyaman.

Bukan langkah awal yang meyakinkan oleh Chelsea di kompetisi ini. Diperkirakan bakal langsung menggebrak demi pelampiasan setelah tersingkir dari Liga Champions, The Blues justru kesulitan karena terbentur tembok kukuh tuan rumah.

Dalam segi possession, kedua tim cukup berimbang, tapi pasukan Rafael Benitez menciptakan lebih banyak kesempatan di area pertahanan lawan.

Frank Lampard dan Fernando Torres tercatat mendapatkan masing-masing tiga peluang emas, tapi semuanya dimentahkan oleh Tomas Vaclik di bawah mistar Praha.

Praha sendiri sempat mengancam lewat bek kiri Matej Hybs dan forward Ladislav Krejci, tapi Peter Cech, yang notabene merupakan eks pemain Praha, sanggup menjaga gawang Chelsea dari kebobolan.

Masuknya Oscar menggantikan Mata di menit 82 menjadi titik balik laga. Tak sampai satu menit di atas lapangan, dia menyambut operan Eden Hazard, memecah kebuntuan, dan memberi Chelsea kemenangan yang krusial.

Leg kedua akan dimainkan di Stamford Bridge, markas Chelsea, 22 Februari mendatang. The Blues pun menempati pole position untuk lolos ke babak 16 besar guna menghadapi pemenang duel Ajax kontra Steaua Bucuresti.

Susunan pemain Praha: Vaclik; Zapotocny, Svejdik, Holek, Hybs; Husbauer (kuning 67′) (Bednar 85′), Vacha, Matejovsky; Kadlec, Lafata (Kweuke 76′), Krejcl (Pamic 81′).
Cadangan: Cech, Pamic, Vidlicka, Polom, Janos, Kweuke, Bednar.

Susunan pemain Chelsea: Cech; Azpilicueta, Ivanovic, Cahill (kuning 41′), Bertrand; Ramires, Lampard; Marin (Benayoun 68′), Mata (Oscar 82′), Hazard; Torres.
Cadangan: Turnbull, Ferreira, Cole, Terry, Ake, Oscar,