oleh

Newcastle United Permalukan Manchester United 1-0

Manchester United harus mengakui keunggulan Newcastle United setelah perlawanan mereka ditumbangkan tim tamu yang sukses menggenggam kemenangan 1-0 dalam lanjutan Liga Primermatchday ke-15 di Old Trafford, Sabtu (7/12) malam WIB.

Dalam hal ini, gol semata wayang Yohan Cabaye memberi Old Trafford kekalahan keduanya secara beruntun di ajang Liga Primer sejak Mei 2002, sekaligus menghapus rekor buruk tim asal Tyneside yang sebelum ini belum pernah meraih kemenangan di markas Setan Merah sejak Februari 1972.

Kemenangan ini membuat Newcastle untuk sementara menghuni urutan keenam dengan koleksi 26 poin. Sebaliknya, United harus puas duduk di posisi kesembilan setelah hanya mampu meraih 22 angka dari 15 partainya di kasta tertinggi.

Babak Pertama

Di menit awal Newcastle melakukan serangan lewat sayap kiri yang diwakilkan Yoan Gouffran. Akan tetapi, kiriman umpan pemain asal Prancis itu tidak mengarah ke kawannya dan dengan mudah dibuang oleh barisan belakang United.

Kubu tuan rumah kemudian mengancam di menit kesembilan melalui bek Phil Jones yang bermain di lini tengah. Usai menerima umpan dari Adnan Januzaj, pemain internasional Inggris itu melancarkan tendangan dan masih bisa diamankan Tim Krul.

Seakan mendapat momentum, dua menit setelahnya giliran Tom Cleverley yang berupaya menyerang pertahanan Newcastle. Dalam sebuah skema serangan bersama Robin van Persie, sepakan pemuda 24 tahun itu mampu diblok yang otomatis membuat peluangnya sirna.

The Magpies lantas mendapati peluangnya kembali di menit ke-17. Kali ini, kiriman umpan Moussa Sissoko dari sayap kanan mampu disambut rekannya Loic Remy dengan sundulan, namun upaya striker pinjaman QPR itu masih melebar dari gawang David De Gea.

Pertandingan yang dilangsungkan di Old Trafford ini pun lebih banyak bergulir di lini tengah, dengan kedua tim yang tetap mendulang kesempatannya masing-masing di setengah jam pertama.

Dan di menit tersisa babak pertama, sang penjamu serta tim tamu gagal mengakhiri deadlock mereka hingga wasit Andre Marriner meniupkan peluit tanda turun minum.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan kubu Newcastle yang melakukan kick-off. Akan tetapi, United lah yang lantas mendapat peluang ketika Chicharito terbebas dari jebakan offside di menit ke-51. Usai menerima bola panjang, striker asal Meksiko itu menembakkan bola dengan kencang, namun Krul sigap mengamankannya.

Seakan tak mau kalah, bek Patrice Evra juga membantu serangan United. Dua menit setelah peluang Chicharito, pemain mungil itu mengancam melalui sundulan kepala, namun sayang upayanya hanya menerpa mistar.

Merasa menguasai permainan, pemain tuan rumah justru lengah dan hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh pasukan Alan Pardew. Di menit ke-61, Yohan Cabaye membawa timnya unggul setelah menerima umpan Sissoko yang berakselerasi dari sektor kanan.

Tertinggal, Moyes pun lantas memasukkan Wilfried Zaha dan Anderson guna menggantikan Luis Nani dan Cleverley. Dalam hal ini, Zaha secara resmi mendapati debut pertamanya di Liga Primer ketika masuk di menit ke-68.

Masuknya dua pemain itu membuat serangan Setan Merah kembali hidup. Mereka bahkan sempat mencetak gol di menit ke-73 melalui Van Persie, sebelum kemudian hakim garis mengangkat bendera pertanda offside.

Meski di sisa pertandingan kubu tuan rumah melancarkan serangan secara sporadis, dengan asisten wasit keempat yang memberi perpanjangan waktu sebanyak tiga menit, United tetap gagal mencari gol penyama kedudukan dan membuat mereka menelan kekalahan di kandang secara beruntun di ajang Liga Primer sejak Mei 2002.

Susunan Pemain:

Manchester United: De Gea; Rafael (Valencia 77′), Evans, Vidic, Evra; Januzaj, Cleverley (Anderson 69′), Jones, Nani (Zaha 68′); Hernandez, Van Persie.

Cadangan: Lindegaard, Ferdinand, Young, Welbeck.

Newcastle United: Krul; Debuchy (83′), Williamson, Coloccini, Santon; Cabaye (Shola Ameobi 78′), Tiote, Anita; Sissoko, Remy, Gouffran (Ben Arfa 57′).

Cadangan: Elliot, Obertan, Gutierrez, Cisse.