oleh

Mario Balotelli Selamatkan AC Milan dari kekalahan

Massimiliano Allegri harus puas menandai laga ke-100 sebagai pelatih AC Milan dengan hasil imbang 2-2 di markas Livorno, mantan klubnya semasa bermain, dalam lanjutan Serie A Italia pada Minggu (8/12) dinihari WIB.

Mario Balotelli menjadi penyelamat Rossoneri melalui tendangan bebas indahnya di menit ke-83. Balo juga melesakkan gol pembuka sebelum Livorno membalikkan skor lewat Luca Siligardi dan Paulinho.

Milan kini menghuni peringkat kedelapan dengan 18 angka, unggul delapan posisi dan delapan poin di atas Livorno.

Babak Pertama

Sempat berada dalam tekanan di menit-menit pertama, Milan memperlihatkan respons positif untuk langsung mengancam balik melalui tembakan Kaka yang kandas oleh blok bek Livorno. Rossoneri tak perlu terlalu meratapinya karena kans kedua mereka langsung berbuah gol pembuka pada menit ketujuh.

Bertukar umpan dengan Kaka, Mario Balotelli berhasil mengonversi bola matang playmaker Brasil itu dengan penyelesaian jarak dekat.

Livorno tak patah arang. Peluang baik mereka peroleh di menit ke-12, ketika sebuah situasi bola mati disambut sundulan Federico Ceccherini, namun upaya sang bek masih terlalu tinggi. Pada seperempat jam laga, kembali kesempatan tuan rumah terbuang saat tendangan yang dilepas Paulinho menyamping tipis dari gawang Gabriel.

Sementara itu, Milan sendiri nyaris menggandakan keunggulan mereka di menit ke-21, tapi percobaan Kaka masih sedikit luput dari sasaran.

Selanjutnya, kembali serangan lebih banyak digelar Livorno. Setelah dua penyelamatan brilian Gabriel mementahkan upaya Emerson dan Luca Siligardi, nama terakhir akhirnya sukses menyamakan kedudukan di menit ke-26.

Menerima bola dari Pasquale Schiattarella, Siligardi menghunjamkan tendangan keras menuju pojok kiri bawah gawang Milan tanpa mampu dicegat Gabriel. Gol penyeimbang kian memacu semangat anak buah Davide Nicola. Mereka terus menekan Milan, namun skor 1-1 masih bertahan sampai istirahat.

Babak Kedua

Milan langsung tancap gas di awal babak kedua untuk mengembalikan keunggulan. Kerja sama Kaka dan Balo menghasilkan kans berbahaya yang digagalkan Emerson. Bola rebound yang coba dimaksimalkan Stephan El Shaarawy juga masih berakhir sia-sia.

Di menit ke-54, Balotelli nyaris membawa Rossoneri memimpin lagi, sayang tembakan akuratnya kandas oleh aksi brilian Francesco Bardi di bawah mistar Livorno.

Hanya empat menit setelahnya, malah gawang Milan kecolongan sehingga tuan rumah pun berbalik unggul 2-1. Berada dalam situasi lawan satu dengan Gabriel usai menerima bola kiriman Siligardi, Paulinho tanpa kesulitan menaklukkan sang kiper.

Ketinggalan, pasukan Massimiliano Allegri meningkatkan intensitas serangan, sementara di lain pihak Livorno jadi lebih berkonsentrasi di sektor pertahanan guna menjaga keunggulan.

Menginjak menit ke-72, peluang emas datang buat Milan ketika bola terobosan Kaka membebaskan M’Baye Niang, tapi penyelesaian akhir bomber belia Prancis itu masih buruk. Bola melebar dari sasaran.

Pada akhirnya gol penyeimbang yang ditunggu-tunggu Il Diavoli didapatkan lewat aksi Balo tujuh menit jelang bubaran. Super Mario memamerkan kepiawaiannya mengeksekusi bola mati dengan melesatkan tendangan bebas cantik dari jarak sekitar 30 yard untuk memperdaya Bardi.

Semenit sebelum waktu normal habis, Balotelli hampir melengkapi hat-trick sekaligus memenangkan Milan, tetapi keberuntungan tak berpihak karena upayanya hanya menabrak mistar. Pada akhirnya I Rossoneri mesti puas dengan raihan satu poin dari Stadio Armando Picchi.

Susunan Pemain

Livorno (3-5-1-1): Bardi; Coda, Emerson, Ceccherini; Schiattarella, Biagianti, Luci, Duncan, Mbaye;Siligardi; Paulinho

Cadangan: Anania; Rinaudo, Valentini, Gemiti, Decarli, Lambrughi, Benassi, Borja, Mosquera, Greco,Emeghara, Belingheri

Milan (4-3-2-1): Gabriel; Poli, Zapata, Mexes, Emanuelson; Montolivo, De Jong, Nocerino; Birsa,Kaka; Balotelli

Cadangan: Abbiati; Coppola, Bonera, De Sciglio, Zaccardo, Cristante, Saponara, El Shaarawy, Matri,Niang