Manchester United vs Tottenham bermain imbang 2-2

Manchester United vs Tottenham bermain imbang 2-2

Manchester United mendapatkan satu poin setelah sukses mengejar ketertinggalan sebanyak dua kali untuk kemudian menahan imbang Tottenham Hotspur 2-2 dalam lanjutan Liga Primer matchdayke-13, Minggu (1/12) malam WIB.

Dengan hasil ini, United tetap menghuni urutan kedelapan dengan raihan 22 poin. Sementara itu, Spurs harus puas duduk satu tingkat di bawahnya dengan koleksi 21 angka.

Babak Pertama

Di menit-menit awal, Spurs mencoba untuk melancarkan tekanannya dari sisi kiri. Namun, upaya yang diperagakan kubu tuan rumah selalu menemui kegagalan karena tangguhnya bek Jonny Evans dan Nemanja Vidic.

Serangan anak asuh Andre Villas-Boas semakin meningkat seiring laga berjalan, dengan Aaron Lennon yang sempat mendapat kesempatan menembak bola dari luar kotak penalti di menit kesepuluh, yang masih bisa diamankan De Gea.

United yang sebelum ini mendapat hasil gemilang di pentas Eropa juga tak lupa untuk menebar ancamannya. Di menit ke-14, Rooney dan Valencia yang mendapat peluang di sekitar kotak penalti gagal memaksimalkannya lantaran terhalang tembok pertahanan Spurs.

Pasukan David Moyes justru harus merasakan gawangnya dibobol di menit ke-18 ketika tendangan bebas Kyle Walker meluncur datar dan melewati pagar betis Setan Merah. Adapun, gol itu terjadi setelah wasit Mike Dean membunyikan peluit tanda pelanggaran terkait tekel keras Evans kepada Paulinho.

Tertinggal, United coba merespon dengan menggulirkan bola lebih cepat melalui sayap kanan. Akan tetapi, sejumlah upaya yang mereka lakukan tak membuahkan hasil hingga menit pertandingan memasuki menit ke-25.

Tiga menit berselang, Spurs kembali melancarkan serangan balik cepat melalui Paulinho yang menyisir sisi kiri. Umpan terobosannya mampu membelah barisan pertahanan United dan menemukan Soldado. Namun sayang, sepakan pria asal Spanyol itu justru melenceng dan tak menemui sasaran.

Tuan rumah seakan mendapat momentum. Kini giliran Lennon yang menebar ancamannya dan berkelit dari hadangan bek lawan di saat setengah jam laga berjalan. Tembakan yang ia lepas masih bisa diblok De Gea, dan usahanya untuk mengambil bola liar memang berhasil, namun umpannya tak mampu menemukan kawannya di barisan pertahanan United.

Di saat tertekan, United malah mampu menghadirkan kejutan saat tendangan Rooney di dalam kotak penalti menembus jala Hugo Lloris di menit ke-32. Gol itu bermula dari umpan Smalling dari sisi kanan, yang salah diantisipasi oleh Walker, sehingga memudahkan striker Inggris itu untuk menyamakan kedudukan.

Setelah gol penyama kedudukan itu tercipta, kedua kubu lantas bermain imbang dengan saling melakukan tekanan. Meski demikian, tak ada gol tambahan yang terjadi hingga babak pertama disudahi.

Babak Kedua

Memasuki 45 menit kedua, baik Spurs dan United seperti biasa mencoba untuk meraba permainan setelah peluit dibunyikan.

Rabaan tersebut bahkan membuah hasil dengan The Lilywhites yang menjebol gawang United melalui tendangan melengkung Sandro dari luar kotak penalti di menit ke-54. Dalam hal ini, pria asal Brasil itu mencetak gol setelah ia sukses menghindari Tom Cleverley.

Meski tertinggal, United kembali mampu mengejar ketertinggalannya dan menyamakan kedudukan tiga menit berselang. Berawal dari pelanggaran Lloris terhadap Welbeck di dalam kotak penalti, Rooney yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan menembakkan bola ke titik tengah.

Adapun, permainan menjadi lebih terbuka setelah skor kembali imbang. United pun mewakilkan Rooney, Valencia dan Welbeck untuk menyerang kubu lawan. Tak mau kalah, Spurs juga melakukan hal serupa dengan pelatih Andre Villas-Boas yang  memasukkan Andros Townsend di menit ke-65 guna mempertajam serangannya. Meski begitu, kedua tim yang mengincar urutan lima besar ini masih menemui dead-lock.

Di menit ke-78, kiriman umpan Walker dari sisi kanan nyaris saja membuahkan sesuatu andaikan Townsend yang menusuk ke daerah kotak penalti mampu menggapai bola. United yang terkurung di sisa pertandingan dipaksa bermain di daerahnya sendiri dengan sesekali melancarkan serangan balik.

Hingga wasit memberi tambahan waktu sebanyak tiga menit, kedua kubu tetap tak mampu menjaringkan gol lainnya dan membuat mereka harus puas mendapatkan satu poin di matchday ke-13 ini.

Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur: Lloris; Walker, Chiriches, Dawson, Vertonghen; Paulinho, Sandro; Lennon (Townsend 65′), Dembele, Chadli (Sigurdsson 85′); Soldado (Defoe 72′).

Cadangan: Friedel, Kaboul, Capoue, Holtby.

Manchester United: De Gea; Smalling, Vidic, Evans, Evra; Valencia (Nani 84′), Cleverley, Jones, Kagawa (Young 84′), Welbeck (Chicharito 73′); Rooney.

Cadangan: Lindegaard, Rafael, Anderson, Fellaini.