oleh

Manchester United Menang Telak 4-1 Atas Swansea City

MU menang telak
MU menang telak

Manchester United mengawali upaya mereka mempertahankan gelar juara Liga Primer Inggris dengan kemenangan telak 4-1 atas Swansea City di Stadion Liberty, Minggu (18/8) dinihari WIB.

Wayne Rooney yang menjadi subyek rumor transfer musim panas ini tidak diturunkan sebagai starter. Manajer David Moyes menduetkan Robin van Persie dan Danny Welbeck di barisan depan sejak menit awal.

United tampil penuh percaya diri untuk memberikan tekanan ke pertahanan tuan rumah. Beberapa kali pemain United mampu menembus lini belakang. Peluang diperoleh Ryan Giggs, namun tendangannya menyambut bola muntah Welbeck masih tak menemui sasaran.

Penjaga gawang Swansea City Michel Vorm harus bekerja keras untuk menahan gempuran tim tamu. Vorm melakukan penyelamatan ketika mementahkan tendangan voli Phil Jones.

Van Persie akhirnya menjadi pemain pertama yang mencetak gol bagi United di musim ini setelah  tendangan voli akrobatiknya menyambut umpan Giggs tidak bisa dibendung Vorm pada menit ke-34.

Selang dua menit kemudian, United sukses menggandakan keunggulan. Umpan silang Antonio Valencia ke tiang jauh dimanfaatkan Welbeck dengan sempurna. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Manajer Swansea Michael Laudrup memasukkan pemain termahal mereka Wilfried Bony, dan menarik keluar Leon Britton untuk menambah daya gedor mereka. Namun pergantian ini tidak memberikan pengaruh signifikan.

Kendati demikian, Swansea City sempat mengancam melalui Michu. Tendangan jarak jauh pemain asal Spanyol ini memaksa kompatriotnya David De Gea memperlihatkan aksinya di bawah mistar gawang.

Moyes kemudian memasukkan Rooney selepas laga berjalan satu jam, dan menarik keluar Giggs. Dengan tiga striker, intensitas serangan United bertambah. Hasilnya, Van Persie mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua pada menit ke-72 melalui aksi solonya mengecoh dua pemain belakang lawan usai menerima umpan Rooney.

Setelah sempat membuang peluang di menit ke-81, Bony mampu memperkecil ketertinggalan Swansea City selang satu menit kemudian. Kerja sama dengan Pablo Hernandez memaksa De Gea memungut bola dari jalanya.

Rooney kembali memperlihatkan perannya bagi United ketika mengawali terjadinya gol keempat tim tamu. Umpan Rooney diselesaikan dengan matang oleh Welbeck pada masa injury time, sehingga skor 4-1 menutup laga.