oleh

Manchester United Hajar Aston Villa 3-0

Setelah terseok-seok dalam beberapa laga terakhir, Manchester United akhirnya sukses mencatatkan kemenangan setelah menggilas Aston Villa, Minggu (15/12) di Villa Park, dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Tak tanggung-tanggung, United menggebuk tuan rumah dengan skor 3-0 lewat sepasang gol Danny Welbeck di babak pertama dan tambahan dari Tom Cleverley usai turun minum.

Dengan hasil ini armada David Moyes mengakhiri dahaga kemenangan dalam empat laga EPL terakhir. Mereka kini naik satu tingkat ke posisi delapan dengan raupan 25 poin, namun masih terpaut 10 angka dengan pemuncak klasemen, Arsenal. Sementara pasukan Paul Lambert masih tertahan di papan tengah dengan nilai 19. 

Babak Pertama

Baru empat menit berjalan, Villa sudah melepaskan dua tembakan ke gawang, masing-masing lewat Karim El-Ahmadi dan Marc Albrighton. Namun, kedua tendangan itu tidak terlalu membahayakan dan bisa diamankan dengan mudah oleh David De Gea. Lima menit berselang, tekanan Villa tak mengendur. Kembali Albrighton melepaskan tembakan yang masih bisa diselamatkan De Gea.

Tapi, United yang lebih efektif dalam melakukan serangan. Tepatnya di menit 15, Antonio Valencia mengawali serangan dari sayap kanan dan mengirimkan umpan silang yang sanggup ditanduk Adnan Januzaj. Bola membentur tiang, namun sudah ada Danny Welbeck di sana yang menyambar bola muntah untuk memberikan keunggulan bagi tim tamu.

Bahkan tiga menit berselang, United mampu menggandakan keunggulan, melalui pemain yang sama. Diberikan terlalu banyak ruang gerak oleh Antonio Luna, Valencia melepas crossing mendatar ke kotak penalti. Di sana sudah ada Januzaj dan Welbeck yang melakukan sliding. Nama terakhir akhirnya sukses menyambar bola untuk mencetak gol keduanya. United pun tampak rileks dengan dua gol cepat ini.

Permainan stabil United terus ditunjukkan di pertengahan babak pertama. Setelah tendangan Rooney yang masih melebar, beberapa menit kemudian United mendapat peluang emas. Mendapati umpan Valencia, Welbeck menggiring bola sendirian hingga kotak, namun tembakannya masih melebar. Hat-trickpun gagal ia ciptakan. Hingga babak pertama berakhir, tak ada peluang berarti dan skor 2-0 tetap bertahan.



Danny Welbeck merayakan gol pertamanya ke gawang Aston Villa. Ia mencetak dua gol dalam laga ini. 
Babak Kedua

Unggul dua gol tak membuat tim tamu mengendurkan serangan. Hal itu langsung terbukti ketika babak kedua baru berjalan tujuh menit. Memanfaatkan kesalahan lini belakang Villa, Rooney menguasai bola, lalu mengumpannya kepada Cleverley. Tanpa ampun, Cleverley menembak bola untuk mengonversikannya menjadi gol. Gawang Brad Guzan pun bergetar untuk kali ketiga.

Tak mau dipermalukan di depan pendukungnya sendiri, Villa berusaha untuk mencetak gol konsolasi. Hal tersebut nyaris terjadi di menit ke-63. Kerjasama antara Albrighton dan Agbonlahor memberikan Andreas Weimann ruang tembak. Pemain pengganti asal Austria ini langsung melepaskan tembakan, namun Cleverley berhasil menghalanginya sehingga bola melebar ke atas gawang.

Di menit 72, Welbeck kembali nyaris mencetak trigol. Dalam suatu kesempatan, Guzan terlalu kedepan. Lalu Welbeck melepaskan tembakan chip namun masih melambung. Sebelum peluang ini, fans United sempat bersorak setelah Darren Fletcher masuk menggantikan Ryan Giggs. Ini adalah penampilan pertama Fletcher setelah setahun absen akibat radang usus.

Memasuki lima menit terakhir, United kembali mengancam lewat sepakan Cleverley, namun tembakannya masih bisa diselamatkan oleh Guzan. Hingga injury time tiga menit selesai, keadaan tidak berubah untuk kemenangan 3-0 United.

Susunan Pemain

Aston Villa: Guzan, Lowton, Clark, Baker, Luna, Westwood, El Ahmadi (Bacuna 86′), Sylla (Weimann 62′), Albrighton, Agbonlahor, Benteke (Kozak 79′)
Cadangan: Steer, Bowery, Gardner, Tonev

Manchester United: De Gea, Rafael, Jones, Evans, Evra; Valencia, Cleverley, Giggs (Fletcher 70′), Januzaj (Young 69′); Rooney (Zaha 84′), Welbeck
Cadangan: Lindegaard, Ferdinand, Fabio, Young, Buttner