oleh

Manchester City jebol gawang Arsenal Di Etihad Stadium skor telak 6-3

Manchester City berhasil mengalahkan rival mereka dalam perebutan gelar juara, Arsenal, saat melakoni lanjutan Liga Primer matchday ke-16 di Etihad Stadium, Sabtu (14/12) malam WIB.

Meski dihadapkan dengan sang pemuncak klasemen sementara, anak asuh Manuel Pellegrini berhasil menampilkan permainan apik sebagaimana mereka menggenggam kemenangan telak 6-3.

Dengan kemenangan ini, City pun berhak naik ke posisi runner-up lantaran mengoleksi 32 poin. Sementara itu, Arsenal masih tetap di puncak dengan unggul tiga angka dari tim Manchester Biru.

Babak Pertama

Tampil sebagai penjamu, City lantas mengambil inisiatif serangan dengan menggempur pertahanan Arsenal di menit awal. Mengandalkan Sergio Aguero di lini depan, aksi pria Argentina itu masih mampu dihadang oleh gelandang Mathieu Flamini.

Setelahnya, giliran Arsenal yang menguasai laga dengan pasukan Arsene Wenger yang mendominasi lini tengah sampai menit kesepuluh. Dan di saat itu, kubu asal London mendapati peluang pertama melalui sepakan Jack Wilshere, yang mana berakhir sia-sia lantaran tidak menemui sasaran.

Laga mulai terlihat seru ketika City sukses mencetak gol pembuka melalui Aguero di menit ke-14. Berawal dari sepak pojok, bola yang diarahkan ke kotak penalti lantas dibelokkan oleh Martin Demichelis dan diteruskan striker Argentina tersebut dengan sebuah sepakan voli! City 1-0 Arsenal.

Berada di atas angin, serangan City kemudian terlihat lancar ke lini pertahanan tim tamu. Di menit ke-20, suporter tuan rumah hampir kembali bersorak ketika Alvaro Negredo merangsek masuk untuk melepaskan tembakan. Namun sayang, sepakannya masih melebar.

Tak mau tertinggal, Arsenal kemudian membalas melalui Theo Walcott. Di saat pertandingan memasuki setengah jam, pemain muda asal Inggris itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang justru mengenai kepala Demichelis dan mengecoh Pantilimon. Adapun, gol tersebut berawal dari umpan Mesut Ozil dari sisi kiri.

Di enam menit tersisa, peruntungan kembali memihak untuk City dengan aktor utamanya adalah Negredo. Bermula dari umpan Yaya Toure yang menemukan Pablo Zabaleta di sisi kanan, sang full-back kemudian mengirimkan bola dengan matang untuk dikonversi menjadi gol.

Gol tersebut merupakan yang terakhir di babak pertama sebagaimana wasit Martin Atkinson memerintahkan kedua tim untuk masuk ruang ganti.

Babak Kedua

City harus rela kehilangan Aguero yang ditarik keluar di awal babak kedua. Akan tetapi, serangan mereka tetap berbahaya lantaran ada Jesus Navas yang menggantikan perannya.

Ditinggal bintang andalannya, tim Manchester Biru itu tetap mendominasi dan bahkan mendapati gol ketiga mereka di laga ini. Adalah gelandang Fernandinho yang memperbesar keunggulan timnya dengan sebuah tendangan melengkung dari luar kotak penalti di menit ke-50.

Mencoba merespon, Arsenal lantas mengerahkan segenap daya dan upayanya guna memperkecil kedudukan. Lima menit berselang, sundulan Olivier Giroud masih melebar tipis ke sisi kiri usai menyambut crossing Bacary Sagna yang bergerak dari sisi kanan.

Meski sebelumnya gagal, namun tim asal London utara itu sukses memanen jerih payah mereka di menit ke-62 melalui Walcott. Menerima umpan Aaron Ramsey, Walcott yang bebas dari jebakan offside langsung melepaskan tendangan melintir tanpa bisa dijangkau Pantilimon. City 3-2 Arsenal.

Menyadari laga ini semakin sengit, The Citizens pun bermain dengan tenang dan tidak terburu-buru. Hasilnya, gol keempat mereka dapat tiga menit berselang melalui sontekan David Silva yang sukses meneruskan umpan Navas dari sisi kanan.

Belum puas, tim tuan rumah terus menyerang untuk mencari gol kelima. Di menit ke-73, Navas hampir saja memperbesar derita Arsenal andaikan tendangannya tidak menyamping. Mendapat tekanan seperti demikian, Wenger pun memasukkan Nicklas Bendtner dan mengganti Giroud yang tampak tak berdaya.

Di masa kritis, tepatnya dua menit sebelum bubaran, Fernandinho justru membukukan gol keduanya guna mengubah papan skor menjadi 5-2. Adapun, gol itu terjadi setelah gelandang asal Brasil itu memaksimalkan kemelut untuk kemudian memperdaya kiper Wojciech Szczesny.

Satu menit usai kejadian gol Fernandinho, pemain pengganti Bendtner sempat menghidupkan asa timnya dengan menjebol gawang Pantilimon – namun tidak sampai asisten wasit mengangkat bendera pertanda offside.

Setelah kegagalan tersebut, Arsenal lantas membuat gol melalui Mertesacker yang bergerak ke dalam kotak penalti guna memperkecil kedudukan di masa injury time. Dan seakan ingin menutup pesta, Toure kemudian mengemas gol melalui titik putih dan mengubah hasil akhir menjadi 6-3.

Susunan Pemain:

Manchester City: Pantilimon; Zabaleta, Kompany, Demichelis, Clichy; Fernandinho, Yaya Toure, Nasri (Garcia 90′), Silva (Milner 71′); Aguero Navas (50′), Negredo.

Cadangan: Hart, Lescott, Kolarov, Dzeko.

Arsenal: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Koscielny (Vermaelen 42′), Monreal; Flamini (Gnabry 72′), Wilshere, Ramsey; Ozil, Walcott, Giroud (Bendtner 76′).

Cadangan: Fabianski, Arteta, Rosicky, Cazorla.