oleh

Liverpool sukses meluluh lantahkan kedigdayaan Manchester United di Old Traffrod lewat skor telak 3-0

Liverpool sukses meluluh lantahkan kedigdayaan Manchester United di Old Traffrod lewat skor telak 3-0, dalam matchday 29 Liga Primer Inggris, Minggu (16/3) petang WIB.

Sepasang gol penalti Steven Gerarrad dan satu gol Luis Suarez — memanfaatkan keunggulan jumlah pemain — menegaskan keunggulan Si Merah atas Setan Merah musim ini.

Babak Pertama

Paruh pertama dimulai, Liverpool yang bertindak sebagai tim tamu langsung mengambil alih jalannya laga. Baru tiga menit pertandingan berjalan, tim tamu langsung menciptakan peluang. Daniel Sturridge melepaskan tembakan keras hasil sodoran Jordan Henderson. Sayang, masih belum menemui sasaran.

Seperempat jam laga berjalan, United perlahan menemukan ritmenya. Peluang lantas lahir pada menit ke-20. Marouane Fellaini melepaskan umpan pada Robin van Persie di kotak penalti lawan. Tembakan pertamanya diblok oleh Martin Skrtel dan tendangan susulannya lagi-lagi berhasil diblok oleh pemain yang sama, hingga bola mengarah ke Simon Mignolet.

Mencoba bangkit untuk membuat publik Old Trafford bangga, United kembali didominasi Liverpool selepas 25 menit berlangsungnya laga. Beberapa peluang emas dari Luis Suarez dan Daniele Sturridge lahir. Namun keran gol tak juga terbuka.

Pada akhirnya kebuntuan untuk The Reds pecah di menit ke-34. Wasit laga itu, Clattenburg, memberi hadiah penalti pada tim tamu akibat handball yang dilakukan Rafael da Silva tatkala menjaga pergerakan Suarez.

Tanpa ampun Steven Gerrard yang jadi eksekutor menjebol gawang David De Gea, untuk mengubah keadaan menjadi 1-0 bagi Liverpool! Tak sempat memberikan reaksi berarti, skor 1-0 untuk tim tamu bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Babak kedua baru dimulai, alih-alih menyamakan hingga membalikkan keadaan, The Red Devils malah diterpa petaka. Ya, baru satu menit laga berjalan Liverpool berhasil menggandakan keadaan, lagi-lagi melalui sepakan penalti Gerrard.

Pelanggaran ceroboh Phil Jones kepada Allen membuahkan penalti kedua bagi Si Merah. Gerrard kembali memanangi duelnya dengan David De Gea dalam momen tos-tosan. Skor berubah 2-0, Liverpool semakin menjauh.

Meski tertinggal dua gol, United masih belum menyerah untuk mengejar defisit skor. Beberapa peluang dihasilkan, salah satunya adalah tembakan keras Fellaini di menit ke-67 yang masih melebar. Peluang itu ia dapat ketika bola muntah tembakan Juan Mata yang dihalau lawan mengarah kepada dirinya.

70 menit laga berjalan mentalitas United untuk mengejar ketertinggalan mulai menurun. Mereka lantas kembali terlena dengan dominasi permainan skuat arahan Brendan Rodgers. Gol ketiga tetap jadi target tim tamu demi memastikan kemenangan.

Harapan itu nyaris terwjud andai sepakan penalti ketiga Gerrard di menit ke-78 tak membentur mistar gawang. Hukuman itu diberikan wasit tatkala Nemanja Vidic melakukan tekel keras pada Sturridge di kotak terlarang. Berkatnya ia langsung mendapat kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan.

Unggul jumlah pemain, Liverpool akhirnya sukses menambah keunggulan melalui gol Suarez di menit ke-84. Menerima sodoran duet sehatinya, Sturridge, El Pistolero menempatkan bola ke arah yang tidak bisa dijangkau oleh De Gea! 3-0!

Kedudukan 3-0 bertahan hingga laga usai. Aura horor Old Trafford dalam beberapa musim terakhir benar-benar dihapus dengan sangat bersih oleh Liverpool.