oleh

Liverpool Kubur Tottenham Di White Hart Lane dengan skor 5-0

Liverpool tampil gemilang ketika bertandang ke markas Tottenham. Skuat asuhan Brendan Rodgers tersebut pesta dengan skor 5-0 di White Hart Lane. Hasil itu membuat The Reds menggusur Chelsea di posisi kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris. Sementara Spurs harus puas tertahan di posisi ketujuh.

Babak Pertama

Liverpool tampil lebih menawan di paruh pertama ini, skuat asuhan Brendan Rodgers mampu membuat Tottenham tertekan di White hart Lane di awal laga.

Pergerakan lincah Raheem Sterling dan Luis Suarez yang ditopang Jordan Henderson dan Philippe Coutinho membuat lini pertahanan Spurs kewalahan. Alhasil, Suarez mampu membawa timnya unggul 1-0 ketika laga baru berjalan 18 menit. Ia menerima umpan dari Henderson sebelum mengecoh bek lawan dan kemudian menaklukkan Hugo Lloris dengan sepakannya.

Tottenham tidak bisa memberi respon cepat, bahkan Liverpool hampir mencetak gol kedua sepuluh menit kemudian. Berawal dari pergerakan Suarez di sisi kanan pertahanan Spurs, ia kemudian memberikan bola kepada Coutinho yang bebas di dekat area kotak penalti, dan tanpa kontrol pemain asal Brasil itu langsung melepas tembakan yang masih membentur mistar gawang.

Tak maksimalnya performa pemain Spurs juga menular pada sang kiper, di menit ke-33 ia hampir membuat kesalahan yang nyaris dimanfaatkan oleh Suarez, setelah ia gagal mengamankan bola panjang yang mengarah ke kotak penalti, beruntung kiper asal Prancis itu masih berhasil memblok tendangan Suarez.

Dua menit usai upaya terbaik Tottenham melalui tendangan Lewis Holtby yang melenceng dari gawang Simon Mignolet, Liverpool akhirnya menambah keunggulan menjadi 2-0 melalui serangan balik cepat.

Lloris sebenarnya sudah berjuang maksimal dengan mementahkan tembakan pertama Jordan Henderson dari jarak dekat, dan kemudian meninju tendangan lob Suarez, sayang bola muntah kembali ke Henderson dan kali ini gawang Spurs tidak bisa diselamatkan.

Babak Kedua

Paruh kedua berjalan lebih menarik setelah Tottenham terlihat mampu keluar dari tekanan. Di lima menit pertama, kedua tim memiliki peluang emas untuk dapat mencetak gol.

Pada menit ke-47, Soldado kembali mendapatkan ruang untuk menembak di kotak penalti, tetapi lagi-lagi akurasi pemain asal Spanyol itu masih kurang sehingga bola hanya melayang di atas gawang The Reds.

Dua menit berselang, berawal dari tendangan penjuru, Sterling mendapatkan bola di sisi kiri pertahanan Spurs, kemudian ia melepas umpan yang berhasil disambut oleh Sakho. Skor seharusnya menjadi 3-0 apabila bola tidak menerpa tiang gawang.

Setelah itu Tottenham lebih mendominasi permainan dan beberapa kali memiliki peluang yang membahayakan gawang tim tamu. Namun, sayang di menit ke-63 mereka harus mulai berpikir dua kali untuk tampil terbuka setelah Paulinho diusir wasit karena mengganjal dada Suarez dengan kaki.

Bermain dengan sepuluh orang, Tottenham gagal mempertahankan dominasi. Mereka mulai kesulitan menusuk ke kotak penalti Liverpool. Bahkan mereka hampir kemasukan lagi di menit ke-71 akibat salah umpan di daerah pertahanan sendiri. Beruntung, Lloris mampu menepis tembakan Suarez dari sudut sempit.

Tetapi keberuntungan itu tidak beruntung lama, setelah Jon Flanagan menambah keunggulan Liverpool menjadi 3-0 empat menit kemudian. Ia melepaskan tembakan first time dahsyat di dalam kotak penalti yang memaksa Lloris tidak dapat berbuat apa-apa.

Liverpool melanjutkan pestanya di White Hart Lane di menit-menit akhir. Memanfaatkan umpan dari Luis Alberto, Suarez melepaskan tendangan lob yang tidak dapat dijangkau oleh Lloris yang sudah terlanjur maju ke depan untuk mengubah skor menjadi 4-0 di menit ke-84.

Empat menit berselang, giliran Sterling yang mencatatkan namanya di papan skor, ia berhasil lolos dari jebakan offside untuk menerima umpan Suarez, dan tanpa kesulitan ia kembali memaksa Lloris memungut bola dari gawangnya sendiri. 5-0 untuk Liverpool, dan skor itu bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Tottenham: Lloris; Walker, Capoue, Dawson, Naughton; Paulinho, Sandro; Lennon, Dembélé, Chadli; Soldado

Liverpool: Mignolet, Flanagan, Sakho, Skrtel, Johnson, Allen, Lucas, Henderson, Sterling, Coutinho, Suarez