oleh

Liverpool Bermain Imbang di Derby Merseyside, Skor akhir 3-3

Thriller enam gol terjadi di Goodison Park ketika tuan rumah Everton bermain imbang 3-3 melawan rival sekota Liverpool, Sabtu (23/11), dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Liverpool sempat unggul 2-1 di babak pertama sebelum Romelu Lukaku membawa Everton berbalik unggul di babak kedua lewat sepasang golnya. Namun Daniel Sturridge memupuskan comebackgemilang tuan rumah lewat golnya di menit 89.

Hasil ini membawa pasukan Brendan Rodgers tetap bertahan di peringkat kedua dengan 24 poin, namun mereka bisa tergeser Southampton jika sanggup menang atas Arsenal. Sedangkan Everton naik satu tingkat ke peringkat lima dengan raupan 21 poin.

Babak Pertama

Baru lima menit usai kick-off bergulir, gol sudah tercipta dalam derby Merseyside ke-221 sepanjang sejarah ini. Philippe Coutinho sukses membungkam publik Goodison lebih awal. Berawal dari corner kick Steven Gerrard, bola sempat mengenai kepala Luis Suarez sebelum jatuh di kaki gelandang Brasil itu yang langsung menceploskan bola ke gawang Tim Howard.

Namun, Everton langsung bereaksi cepat. Tak sampai tiga menit setelah gol itu, tuan rumah sukses menyamakan skor. Kembali dari set piece, Slyvain Distin dan Kevin Mirallas tampak menanduk bola secara bersamaan ke gawang Liverpool. Namun dalam tayangan ulang, sang gelandang Belgia-lah yang layak mencatatkan namanya di papan skor.

Derby ini sungguh sangat intens. Sepuluh menit setelah Everton membuat kedudukan menjadi 1-1, tim tuan rumah sanggup memimpin kembali dan lagi-lagi melalui set piece. Berawal dari pelanggaran Gareth Barry, Liverpool mendapatkan tendangan bebas dan Luis Suarez secara akurat mampu mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang. 2-1, Liverpool mengembalikan keunggulan.

Bomber pinjaman Chelsea Romelu Lukaku punya dua kesempatan untuk membobol gawang Simon Mignolet di babak pertama, sayang usahanya tersebut hanya menghasilkan goal kick. Hingga babak pertama usai, tak ada peluang yang tercipta sehingga keunggulan Liverpool tetap bertahan.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol di babak pertama, Roberto Martinez melakukan langkah berani dengan memasukkan penyerang pinjaman dari Barcelona Gerard Delofeu menggantikan bek kiri Leighton Baines untuk menambah daya dobrak di lini depan. Hasilnya, dua peluang tercipta di periode 10 menit. Delofeu langsung melepas tembakan yang tepat di pelukan Mignolet. Berikutnya, kiper Belgia itu kembali menyelamatkan gawangnya usai menepis tendangan keras Lukaku.

Di menit 72, Everton mendapat kesempatan lagi dan kali ini gawang Mignolet akhirnya bobol untuk kedua kali. Mendapati umpan dari James McCarthy, Lukaku melepas sepakan keras yang melesak ke sisi kanan bawah gawang. Striker asal Belgia itupun sanggup mengubah skor menjadi 2-2.

Suarez lalu menciptakan peluang emas di menit 79, namun tandukan bebas striker Uruguay itu masih berada di dekapan Howard. Berikutnya, giliran Everton yang menciptakan peluang berbahaya setelah Delofeu melepaskan tembakan kencang yang masih bisa ditepis Mignolet.

Gemuruh Goodison Park paling kencang terjadi di menit 82 saat Lukaku mencetak gol keduanya setelah terbang dan menanduk umpan Mirallas. Everton sukses melakoni comeback dan memimpin untuk pertama kali di laga ini. Akan tetapi keunggulan tuan rumah hanya bertahan tujuh menit setelah pemain pengganti Daniel Sturridge sukses menanduk crossing Gerrard.

Di injury time, para pendukung Liverpool di Liverpool sempat bersorak ketika Coutinho mencetak gol. Namun wasit segera menganulirnya setelah sang pencetak gol pembuka itu dalam posisi offside.Hingga akhir laga, skor 3-3 tidak berubah dan kedua tim harus puas dengan raupan satu poin.

Susunan Pemain:

Everton: Howard, Baines (Deulofeu 50′), Distin, Jagielka, Coleman, Barry, McCarthy, Pienaar (Stones 84′), Barkley, Mirallas (Stones 88′), Lukaku
Cadangan: Robles, Heitinga, Jelavic, Naismith.

LiverpoolMignolet, Johnson, Flanagan, Agger, Skrtel, Lucas (Sturridge 79′), Allen (69′), Henderson, Gerrard, Coutinho, Suarez
Cadangan: Jones, Toure, Alberto, Sakho, Sterling